PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKn
Abstract
Judul Penelitian Tindakan Kelas ini adalah Penerapan Model Pembelajaan Think Pair Share Dalam Meningktkan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas IV SD Negeri 004 Batu Sanggan Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar Tahun 2013. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share diharapkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 004 Batu Sangan meningkat. (2) Memotivasi guru dalam mengembangkan metode dan strategi dalam pembelajaran. (3) Meningkatkan kompentensi pedagogik guru dalam menyusun rencana, dan pelaksanaan proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini menggunakan metode pembelajaran Think Pair Share yang terdiri dari 3 langkah yaitu: Think (berfikir secara individual), Pair (berpasangan dengan teman sebangku) dan Share (berbagi jawaban dengan pasangan lain). Hasil penelitian menunjukkan: 1). Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Think Pair Share, hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami perubahan secara signifikan. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 73,54 dengan ketuntasan 72,72%, lalu meningkat pada siklus II menjadi 100,00 dengan ketuntasan 80,38%. 2). Setelah diterapkannya pembelajaran Think Pair Share yang tepat maka aktivitas dan prestasi belajar PKn pada Pokok Bahasan Sistem Pemerintahan pada Siswa Kelas IV SD Negeri 004 Batu Sanggan dapat meningkat. Siswa yang aktif dalam pembelajaran mencapai 96,36% dan aktivitas pembelajaran kelompok mencapai 100%.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v2i3.2660
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.