UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES
Abstract
Judul penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Melalui Penerapan Model pembelajaran Examples Non Examples pada Siswa Kelas V SD Negeri 010 Batusasak Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Dengan menggunakan model Examples Non Examples diharapkan hasil belajar PKn siswa kelas VI SD Negeri 010 Batusasak meningkat. (2) Memotivasi guru dalam mengembangkan metode dan strategi dalam pembelajaran. (3) Meningkatkan kompentensi pedagogik guru dalam menyusun rencana, dan pelaksanaan proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Dengan menggunakan pendekatan model pembelajaran Examples Non Examples, hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami perubahan secara signifikan. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70,62 dengan ketuntasan 60,86 %, lalu meningkat pada siklus II menjadi 96,73 dengan ketuntasan 100%. (2) Setelah diterapkannya pembelajaran Examples Non Examples yang tepat maka aktivitas dan prestasi belajar PKn pada Pokok Bahasan Keorganisasian pada Siswa Kelas V SD Negeri 010 Batusasak dapat meningkat. Siswa yang aktif dalam pembelajaran mencapai 96.73% kategori sangat baik dan aktivitas pembelajaran kelompok mencapai 100%.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v2i2.2415
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.