MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi oleh redahnya motivasi belajar siswa kelas VIII4 Negeri I Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi terlihat fenomena hasil belajar PKn yaitu kurangnya kerja sama, ditandai masih banyak yang tidak ikut serta berfikir dan bekerja dalam kelompok 56%, kurangnya aktivitas siswa seperti mengajukan pertanyaan, menjawab yang tidak tepat waktu 62% dan kurangnya motivasi siswa untuk menjawab kuis individu maupun kelompok 44%. Penelitian dilaksanakan dengan jumlah siswa 32 orang, terdiri atas 21 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan yang dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian diketahui motivasi belajar siswa sudah mencapai indikator yang ditargetkan. Kelemahan pelaksanaan pembelajaran bertukar pasangan pada siklus I diperbaiki oleh siklus II, maka terdapat peningkatan pencapaian aktivitas siswa maupun aktivitas guru, dalam hal ini aktivitas guru pada siklus I dengan skor 31 (sempurna), aktivitas siswa sebesar 155 (tinggi). Pada siklus II aktivitas guru menunjukkan skor 32 (sempurna), aktivitas siswa sebesar 226 (sangat tinggi). Sehingga dapat dikatakan bahwa metode pemebelajaran bertukar pasangan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v2i2.2413
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.