Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mengoperasionalkan Penjumlahan dan Pengurangan pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Penggunaan Benda-Benda Kongkrit

* Suyatini

Abstract


Penelitian ini merupakan tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus dimana untuk setiap siklus diawali dengan perencanaan, penerapan tindakan, observasi dan diakhiri dengan refleksi. penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan bilangan dengan bantuan benda-benda kongkrit. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas I SD Negeri 006 Sungai Buluh Kengamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 37 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui tiga tahap analisis yaitu tahap kategorisasi, validasi dan interpretasi data. Dari hasil penelitian pembelajaran dengan menggunakan alat bantu benda-benda kongkrit disekitar sekolah dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas I dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan bilangan dengan hasil sampai 20. Hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi siklus I menunjukkan standar ketuntasan belajara mencapai 97% dan siklus II seluruh siswa mencapai ketuntasan

Keywords


Benda-Benda Kongkrit, kemampuan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter