Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mengoperasionalkan Penjumlahan dan Pengurangan pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Penggunaan Benda-Benda Kongkrit
Abstract
Penelitian ini merupakan tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus dimana untuk setiap siklus diawali dengan perencanaan, penerapan tindakan, observasi dan diakhiri dengan refleksi. penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan bilangan dengan bantuan benda-benda kongkrit. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas I SD Negeri 006 Sungai Buluh Kengamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 37 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui tiga tahap analisis yaitu tahap kategorisasi, validasi dan interpretasi data. Dari hasil penelitian pembelajaran dengan menggunakan alat bantu benda-benda kongkrit disekitar sekolah dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas I dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan bilangan dengan hasil sampai 20. Hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi siklus I menunjukkan standar ketuntasan belajara mencapai 97% dan siklus II seluruh siswa mencapai ketuntasan
Keywords
Benda-Benda Kongkrit, kemampuan
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10296
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.