Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Metode Penemuan pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

* Iswati

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada kelas V SD Negeri 013 Petai Baru Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi sebanyak 20 orang siswa dengan tujuan untuk meningkatkan hasul belajar siswa dengan menerapkan metode penemuan. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan penemuan ada pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika. Adapun kegiatan yang dilakukan untuk mengumpulkan data penelitian tersebut adalah dengan melalui tes uraian dan catatan lapangan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest dari siklus pertama dengan nilai rata-rata 5,6 meningkat setelah diadakan tindakan menjadi 6,6 (nilai post tes). Pada siklus kedua juga terlihat dalam hasil post tes dengan rata-rata 5,95 meningkat setelah diadakan tindakan menjadi 6,95. Dari data tersebut terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 1,00. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dengan penerapan metode penemuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Keywords


Metode Penemuan, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter