Minat Siswa Terhadap Pelaksanaan Permainan Kecil Dalam Proses Belajar Mengajar Penjasorkes di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana minat siswa terhadap pelaksanaan permainan kecil dalam proses belajar mengajar penjasorkes di SD Negeri 07 Tanjung Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Permasalahan yang ditemui dilapangan masih ada siswa yang kurang serius dalam pelaksanaan permainan kecil. Populasi dalam penelitian ini adalah 184 siswa dari kelas I – VI di SD Negeri 07 Tanjung Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Teknik pengambilan sampel diambil dengan teknik purposive random sampling yaitu sebanyak 70 orang yang terdiri dari siswa kelas V dan kelas VI. Pengambilan data dilakukan dengan cara membagikan angket yang diklasifikasikan dengan menggunakan skala guttman dan dirancang sedemikian rupa sehingga dalam upaya memperoleh informasi yang lebih objektif dari responden. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisa deskriptif melalui distribusi frekuensi dengan menghitung presentase. Dari analisis data diperoleh hasil bahwa minat siswa dalam pelaksanaan permainan kecil dalam proses belajar mengajar berada pada tingkat pencapian responden 92,44% yaitu pada kategori sangat baik. Permainan kecil yang diterapkan dalam proses belajar mengajar berada pada tingkat pencapian responden 87,75% yaitu pada kategori sangat baik
Keywords
Minat Siswa, Pelaksanaan Permainan Kecil
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10261
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.