Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Berkirim Salam dan Soal
Abstract
Dalam pembelajaran bahasa Arab terdapat empat keterampilan berbahasa, salah satu dari keterampilan tersebut adalah keterampilan berbicara bahasa Arab. Dalam keterampilan berbicara ini banyak siswa yang merasa kesulitan baik dalam hal mengungkapkan kata-kata, maupun dalam mengucapkannya. Untuk itu guru dituntut untuk lebih Kreatif dalam penyampaian materi. Sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak membosankan Salah satu cara yang digunakan dengan memakai metode Berkirim Salam dan Soal Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Arab siswa kelas VIII A. MTs Al-Qasimiyah Sorek Satu melalui penerapan Pembelajaran Kooperatif Berkirim Salam dan Soal. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap setiap siklus. Satu siklus tiga kali pertemuan. Pelaksanaannya terdiri dari: siklus I, siklus II, dan siklus III. Setiap siklus disusun langkah-langkah sebagai berikut: (1) Perencanaan tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari pengamatan aktivitas siswa dan angket motivasi. aktivitas siswa diperoleh dengan mengisi lembar pengamatan. Sedangkan data motivasi belajar siswa diperoleh melalui angket motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari pertemuan pertama hingga ke pertemuan keempat, hal ini terbukti pada pertemuan pertama skor yang diperoleh 2,12 dengan criteria sedang meningkat menjadi 2,53 dengan kriteria tinggi dengan persentase peningkatan sebesar 16,51%. Kemudian pada pertemuan ketiga skor yang diperoleh meningkat menjadi 3,27 dengan kriteria tinggi dengan persentase perubahan 29,25%, dan skor yang diperoleh pada pertemuan keempat juga terjadi peningkatan menjadi 3,78 dengan kriteria sangat tinggi dan persentase peningkatan sebesar 15,60%. Hal ini menggambarkan bahwa motivasi siswa bertambah bergairah dengan pembelajaran kooperatif berkirim salam dan soal karena siswa tidak hanya belajar tapi bisa bermain sambil belajar, sehingga siswa dalam mengerjakann tugas yang diberikan oleh guru tidak lekas putus asa
Keywords
Pembelajaran Kooperatif, Bahasa Arab, Motivasi Belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10252
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.