Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Menulis Descriptive Text dengan Media Gambar

Isa Darbani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis descriptive text  siswa kelas SMPN 35 Pekanbaru melalui penggunaan media gambar. Penelitian ini diadakan karena keterampilan menulis descriptive text  siswa kelas SMPN 35 Pekanbaru masih tergolong kurang. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.5 SMPN 35 Pekanbaru sebanyak 34 siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan tindakan dan implementasi di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting) dan dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes,  pengamatan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis dilakukan dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan adalah dengan tes menulis descriptive text  menggunakan media gambar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran menulis descriptive text  mampu meningkatkan keterampilan siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan  hasil  belajar peserta didik, yaitu dari rata-rata 59.41 meningkat menjadi 65,88 pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 100,00. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa nilai hasil belajar sudah memenuhi standar kriteria ketuntasan minimum (KKM) dengan standar nilai 70. Peningkatan ketuntasan belajar meningkat dari 3 siswa atau 12.507% menjadi 22 siswa atau 64.72% dan 100.00% atau 34 siswa pada siklus kedua, dan didukung pula oleh peningkatan aktivitas belajar siswa dari 3 siswa atau 12,50%, menjadi 22 siswa atau 64.72% dan 100% atau 24 siswa pada siklus terakhir. Kesimpulannya adalah penerapan media gambar terbukti mampu meningkatkan keterampilan menulis descriptive text  siswa kelas VII.5 SMPN 35 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017

Keywords


Keterampilan, Menulis, Descriptive Text , Media Gambar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter