PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA
Abstract
Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar PPKn di SMP Negeri 12 Pekanbaru dengan penerapan metode Two Stay Two Stray (TSTS) sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-7 SMP Negeri 12 Pekanbaru pada semester ganjil tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dimulai dari bulan Agustus 2017 sampai dengan bulan September 2017. Subjek penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 12 Pekanbaru. Jumlah siswa 35 orang siswa yang terdiri dari 21 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar PPKn pada siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 12 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Hasil belajar sebelum PTK adalah 73.4 dengan kategori kurang. Hasil belajar siklus I pertemuan 1 adalah 80.6 dengan kategori cukup dan pada pertemuan 2 sebesar 84.3 dengan kategori cukup. Pada siklus II pertemuan 3 hasil belajarnya sebesar 86.0 dengan kategori baik dan pada pertemuan 4 sebesar 87.7 dengan kategori cukup
Keywords
Kooperatif, Two Stay Two Stray, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10214
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.