PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA

Subiarsih Subiarsih

Abstract


Penelitian tindakan kelas dilakukan di kelas VII-6SMP Negeri 12 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018 bulan September 2017 sampai dengan Oktober 2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-6 SMP Negeri 12 Pekanbaru sebanyak 36 orang siswa yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 20 orang perempuan dengan kemampuan yang heterogen. Penelitian terdiri dari dua siklus. Analisis data berupa deskriptif. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah sebelum PTK hasil belajar siswa adalah 66.1. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 71.9 dan pertemuan 2 adalah 74.2. Hasil belajar siswa pada siklus II pertemuan 3 adalah 75.8 dan pertemuan 4 adalah 80.0. dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle dapat meningkatkan hasil belajar PPKn pada siswa kelas VII-6 SMP Negeri 12 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018

Keywords


Kooperatif, Inside Outside Circle, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter