PENERAPAN METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu suatu penelitian yang dilakukan di dalam kelas, guna memperbaiki proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini telah dilakukan di kelas VIII-6SMP Negeri 12 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018 bulan Agustus sampai dengan September 2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 12 Pekanbaru tahun Ajaran 2017/2018, yang berjumlah 36 orang yang terdiri dari 17 orang siswa perempuan dan 19 orang siswa laki-laki yang mempunyai kemampuan heterogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 12 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Hasil belajar siswa sebelum PTK adalah 74.2. Pada siklus I mengalami peningkatan yaitu pada pertemuan 1 hasil belajar siswa adalah 79.2 dan pada pertemuan 2 adalah 82.2. Hasil belajar siswa pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu pada pertemuan 3 hasil belajar siswa adalah 83.9 dan pada pertemuan 4 adalah 85.8. Ketuntasan klasikal siswa sebelum PTK adalah 58.3%. Pada siklus I pertemuan 1 ketuntasan klasikal siswa adalah 86.1% dan pada pertemuan 2 adalah 88.9%. Pada siklus II pertemuan 3 ketuntasan klasikal siswa adalah 91.7% dan pada pertemuan 4 adalah 97.2%
Keywords
Card Sort, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10208
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.