PENERAPAN METODE GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan penerapan metode guided inquiry. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode guided inquiry dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IX-7 SMP Negeri 12 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Sebelum PTK hasil belajar siswa adalah 73.3 dengan kategori kurang dan ketuntasan klasikal sebesar 64.1% dengan kategori tidak tuntas. Pada siklus I pertemuan 1 hasil belajar siswa adalah 78.9 dengan kategori cukup dan ketuntasan klasikal sebesar 87.2% dengan kategori tuntas dan pada pertemuan 2 hasil belajar siswa adalah 81.8 dengan kategori cukup dan ketuntasan klasikal sebesar 92.3% dengan kategori tuntas. Pada siklus II pertemuan 3 hasil belajar siswa adalah 84.1 dengan kategori baik dan ketuntasan klasikal sebesar 94.9% dengan kategori tuntas dan pada pertemuan 4 hasil belajar siswa adalah 84.9 dengan kategori baik dan ketuntasan klasikal sebesar 97.4% dengan kategori tuntas
Keywords
Guided Inquiry, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10206
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.