PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode course review horay dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VII-D SMP Negeri 33 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-D SMP Negeri 33 Pekanbaru pada semester ganjil tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dimulai dari bulan Oktober 2017 sampai dengan bulan November 2017. Subjek penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas VII-D SMP Negeri 33 Pekanbaru. Jumlah siswa sebanyak 36 orang siswa, yakni terdiri dari 21 orang putra dan 15 orang putri. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah penerapan metode course review horay dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VII-D SMP Negeri 33 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Hasil belajar sebelum PTK adalah 72.6 dengan kategori kurang. Hasil belajar siklus I pertemuan 1 adalah 81.4 dengan kategori cukup dan pada pertemuan 2 sebesar 82.2 dengan kategori cukup. Pada siklus II pertemuan 3 hasil belajarnya sebesar 84.4 dengan kategori baik dan pada pertemuan 4 sebesar 86.1 dengan kategori baik. Ketuntasan klasikal sebelum PTK adalah 61.1%. Pada siklus I pertemuan 1 sebesar 88.9% dan pada pertemuan 2 sebesar 91.7%. Pada siklus II pertemuan 3 sebesar 94.4% dan pada pertemuan 4 sebesar 97.2%
Keywords
Course Review Horay, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10195
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.