PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CORE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CORE dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 35 Pekanbaru tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-1 SMP Negeri 35 Pekanbaru pada semester genap tahun pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dimulai dari bulan Februari 2017 sampai dengan bulan Maret 2017. Subjek penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 35 Pekanbaru. Jumlah siswa 38 orang, terdiri dari 17 orang putra dan 18 orang putri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CORE dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 35 Pekanbaru tahun pelajaran 2016/2017. Hasil belajar sebelum PTK adalah 73.4 dengan kategori kurang. Hasil belajar siklus I pertemuan 1 adalah 81.1 dengan kategori cukup dan pada pertemuan 2 sebesar 82.9 dengan kategori cukup. Pada siklus II pertemuan 3 hasil belajarnya sebesar 85.6 dengan kategori baik dan pada pertemuan 4 sebesar 87.1 dengan kategori baik. Ketuntasan klasikal sebelum PTK adalah 63.2%. Pada siklus I pertemuan 1 sebesar 86.8% dan pada pertemuan 2 sebesar 92.1%. Pada siklus II pertemuan 3 sebesar 94.7% dan pada pertemuan 4 sebesar 97.4%
Keywords
CORE, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10194
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.