PENGGUNAAN METODE PENUGASAN PADA PELAJARAN MATEMATIKA DAN IPS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan metode penugasan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 017 Muara Bahan Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pada mata pelajaran Matematika hanya 8 orang siswa yang tuntas dari 26 siswa pada data awal atau siswa yang tuntas hanya 30,76%, pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sudah meningkat yaitu 17 orang siswa dari 26 siswa atau sekitar 65,38% sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas kembali menunjukkan peningkatan dari siklus I yaitu ada 22 siswa yang tuntas dari 26 siswa atau sekitar 84,61%. Pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, hanya 11 orang siswa yang tuntas dari 26 siswa pada data awal atau siswa yang tuntas hanya 42,30%, pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sudah meningkat yaitu 18 orang siswa dari 26 siswa atau sekitar 69,23% sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas kembali menunjukkan peningkatan dari siklus I yaitu ada 22 siswa yang tuntas dari 26 siswa atau sekitar 84,61%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode penugasan dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa
Keywords
Metode Penugasan, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10168
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.