PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN

Mardan Mardan

Abstract


Penelitian pada perbaikan pembelajaran ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Lubuk Terentang Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi. Perbaikan pembelajaran di laksanakan pada mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Untuk meningkatkan hasil belajar setiap masing-masing mata pelajaran digunakan media pembelajaran yang tepat. Perbaikan pembelajarannya dilakukan dalam dua siklus. Dari hasil temuan selama proses perbaikan pembelajaran tersebut hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II, dimana pada mata pelajaran Matematika siklus I terdapat 8 siswa dari 14 siswa yang tingkat keberhasilannya diatas 65%, pada pelaksanaan siklus II terdapat 11 siswa dari 14 siswa yang tingkat keberhasilannya diatas 65%. Pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siklus I terdapat 10 siswa dari 14 siswa yang tingkat keberhasilannya diatas 65%. Pada pelaksanaan siklus II terdapat 12 siswa dari 14 siswa yang tingkat keberhasilannya diatas 65%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial

Keywords


Media Pembelajaran, Matematika, IPS

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter