PERBEDAAN KETIDAKPERCAYAAN DIRI SISWA KETURUNAN TIONGHOA DENGAN SISWA ETNIS MELAYU

Jusnidar Jusnidar

Abstract


Penelitian ini berjudul “Perbedaan Ketidakpercayaan Diri Siswa Keturunan Tionghoa dengan Siswa Etnis Melayu Kelas VIII SMPN 2 Teluk Kuantan”. Latar belakang peminihan judul ini berawal dari suatu gejala siswa menunjukkan perbedaan ketidakpercayaan diri antara keturunan Tionghoa dengan etnis Melayu. Rumusan masalah sebagai berikut: bagaimana gambaran  ketidakpercayaan diri siswa keturunan Tionghoa dan etnis Melayu di SMPN 2 Teluk Kuantan, dan apakah ada perbedaan ketidakpercayaan diri siswa keturunan Tionghoa dan etnis Melayu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran  ketidakpercayaan diri siswa keturunan Tionghoa dan etnis Melayu di SMPN 2 Teluk Kuantan, Manfaat penelitian adalah 1) sebagai penerapan teori-teori yang telah diperoleh diperkuliahan, 2) sebagai masukan bagi siswa, guru dan penulis mengenai tingkat kecerdasan dan tingkat kepercayaan diri baik siswa keturunan Tionghoa maupun etnis Melayu di kelas VIII SMPN 2 Teluk Kuantan, 3) sebagai acuan tambahan wawasan bagi penulis dalam pembahasan permasalah ketidakpercayaan diri siswa keturunan Tionghoa dan etnis Melayu di SMPN 2 Teluk Kuantan. Keterkaitan variabel: penelitian terdapat keterkaitan variabel yaitu ketidakpercayaan diri siswa keturunan Tionghoa (X1) dan etnis Melayu (X2) di kelas VIII SMPN 2 Teluk Kuantan. Asumsi penelitian adalah 1) setiap siswa mempunyai ketidakpercayaan diri yang berbeda-beda. 2) ketidakpercayaan diri siswa dapat diukur dan diungkap. Hipotesis penelitian adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara ketidakpercayaan diri siswa keturunan Tionghoa dan etnis Melayu. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Teluk Kuantan yang berjumlah 62 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang  ketidakpercayaan diri siswa keturunan Tionghoa dan etnis Melayu di kelas VIII SMPN 2 Teluk Kuantan. Alat pengumpulan data yang dugunakan adalah instrumen ketidakpercayaan diri yang dikembangkan olah Thursan Hakim (2002). Teknik analisa data yang digunakan adalah rumus yang dikembangkan oleh (Suharsimi Arikunto, 1990). Rekomendasi: sebagai proses kelanjutan pengembangan dimasa yang akan datang direkomendasikan kepada: Kepala Sekolah, Wali Kelas, Guru mata pelajaran dan Guru pembimbing supaya lebih berperan aktif untuk menyikapi beberapa temuan dalam penelitian ini

Keywords


Etnis, Percaya Diri, Siswa

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter