PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DAN BAHASA INDONESIA

Hamidah Hamidah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui dampak penggunaan metode diskusi dan media dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 007 Pulau Sipan Kecamatan Inuman Kabupaten Kuantan Singingi yang terdiri dari 23 orang siswa yaitu 13 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Metode yang diterapkan dalam pembelajaran adalah metode diskusi. Setelah mengadakan penerapan metode diskusi dalam perbaikan pembelajaran maka terdapat perubahan terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia semakin meningkat untuk setiap siklus nya. Pada mata pelajaran IPA, siklus I rata-rata nilai siswa hanya 66,08 kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 78,60. Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, siklus I rata-rata nilai siswa hanya 62,17 kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 76,90. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal kelas juga mengalami peningkatan. Dari hasil belajar yang menunjukkan peningkatan hasil belajar untuk setiap siklus pada setiap mata pelajaran yang dilakukan perbaikan pembelajaran maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi tersebut berhasil untuk dilaksanakan

Keywords


Metode Diskusi, Hasil Belajar IPA dan Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter