PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF MELALUI MEDIA GAMBAR SERI YANG DIACAK SISWA

Asnizur Asnizur

Abstract


Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 007 Lubuk Ramo Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi yang berjumlah 35 orang yang terdiri dari 19 orang siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Bentuk penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dalam dua siklus. Dari data hasil penelitian diperoleh hasil yang meningkat dari data awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan media gambar seri yang diacak dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas III SDN 007 Lubuk Ramo Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi pada data awal adalah 55,91 yang berkategori rendah. 2) Kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas III SDN 007 Lubuk Ramo Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi pada siklus I adalah 75,63 yang berkategori sedang. 3) Kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas III SDN 007 Lubuk Ramo Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi pada siklus II adalah 85,061 yang berkategori tinggi. 4) Kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas III SDN 007 Lubuk Ramo Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi secara keseluruhan atau klasikal adalah 71,43% yang berkategori tinggi

Keywords


Gambar Seri Beracak, Menulis, Karangan Deskriptif

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter