PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF MELALUI MEDIA GAMBAR SERI YANG DIACAK SISWA
Abstract
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 007 Lubuk Ramo Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi yang berjumlah 35 orang yang terdiri dari 19 orang siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Bentuk penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dalam dua siklus. Dari data hasil penelitian diperoleh hasil yang meningkat dari data awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan media gambar seri yang diacak dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas III SDN 007 Lubuk Ramo Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi pada data awal adalah 55,91 yang berkategori rendah. 2) Kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas III SDN 007 Lubuk Ramo Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi pada siklus I adalah 75,63 yang berkategori sedang. 3) Kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas III SDN 007 Lubuk Ramo Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi pada siklus II adalah 85,061 yang berkategori tinggi. 4) Kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas III SDN 007 Lubuk Ramo Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi secara keseluruhan atau klasikal adalah 71,43% yang berkategori tinggi
Keywords
Gambar Seri Beracak, Menulis, Karangan Deskriptif
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10137
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.