PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Hasniwati Hasniwati

Abstract


Aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri 022 Rantau Sialang Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi masih rendah sehingga hasil belajarnya belum memnuhi KKM yang telah ditetapkan sekolah, sebab metode yang digunakan selama ini belum dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas perlu dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat langkah penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Untuk memperoleh data penilaian digunakan lembar pengamatan yang diisi oleh pengamat dan tes hasil belajar yang diberikan pada ahir siklus. Data aktivitas belajar siswa dianalisa dengan menentukan jumlah dan persentase siswa yang terlibat dalam setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai ketuntasan pada dua siklus yang dilaksanakan sesuai dengan KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 62. Sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, siswa yang mencapai ketuntasan hanya 16 siswa dari 22 siswa, tetapi setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa yang mencapai ketuntasan mencapai 20 siswa dari 22 siswa

Keywords


Matematika, Kooperatif tipe STAD

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter