Perancangan Sistem Pencarian Nama Latin Tumbuhan Berbasis Website Menggunakan Algoritma Knuth Morris Pratt (KMP)

Anofrizen Anofrizen

Abstract


Biologi merupakan salah satu pelajaran yang memiliki banyak istilah. Berdasarkan struktur keilmuan menurut Biological Science Curriculum Study (BSCS), istilah dan objek yang berjumlah ribuan jenis menjadi kesulitan tersendiri untuk dipelajari. Salah satu cara mempermudah dalam mempelajarinya adalah pengelompokan atau pengklasifikasian makhluk hidup disebut Taksonomi dan tata nama ilmiah yang disebut Binomial Nomenklatur. Klasifikasi dan tata nama ilmiah masuk dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tingkat SMP, Biologi tingkat SMA dan Perguruan Tinggi. Salah satu materi IPA kelas VII pada SMP 7 Pekanbaru ialah memahami keanekaragaman makhluk hidup, yang mana terdapat materi pembelajaran mengenai klasifikasi dan tata nama ilmiah tumbuhan. Pada silabus pembelajaran mata pelajaran IPA pada SMP N 7 Pekanbaru sumber belajar hanya didapat dari buku-buku, tentu ini kurang efektif untuk mepelajari tentang klasifikasi dan tata nama ilmiah tumbuhan bagi pelajar dikarenakan banyaknya jenis dan spesias tumbuhan yang ada. Tujuan yang ingin dicapai dalam peneltian ini ialah merancang dan membuat sistem pencarian nama latin tumbuhan sebagai wadah penampung nama-nama latin tumbuhan yang memiliki sistem search engine sendiri untuk memudahkan user atau pengunjung yang ingin melakukan pencarian nama latin tumbuhan. Sistem Search engine ini menggunakan algoritma Knuth Morris Pratt (KMP) untuk mengoptimasi pencarian pada nama latin tumbuhan tersebut

Full Text:

PDF

References


APJII. (2017). Profil Pengguna Internet Indonesia 2016. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, Jakarta. [2] Basee, S. (2000) Computer Algorithms: Introduction to Design and Analysis. [3] Pressman, Roger S. (2012) Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi Edisi 7. Yogyakarta: ANDI. [4] Saragih A. S., (2016). Implementasi Algoritma Knuth-Morris-Pratt Pada Pencarian Kumpulan Rumus Matematika, Jurnal INFOTEK,1(2). [5] Suroso, A. dan Permatasari, A. (2003), Ensiklopedia Sains dan Kehidupan: Refernsi dan Petunjuk Lengkap untuk ilmu Biologi, Fisika, dan Kimia, CV Tarity Samudra Berlian, Jakarta.

Susanto, A. E. (2015). Sejarah Bahasa Latin, www.scribd.com/doc/127313880/SejarahBahasa-Latin#scribd on 10 Desember 2015. [7] Syafir, Muhammad. (2017). Implementasi Algoritma String Matching Dalam Pencaria Surah Dan Ayat Dalam Al-Quran Berbasis Web., Indonesian Journal on Networking and Security, 6(2). [8] Waruwu, F. T., & Mandala, R. (2016). Perbandingan Algoritma Knuth Morris Pratt Dan Boyer Moore Dalam Pencocokan String Pada Aplikasi Kamus Bahasa Nias. J. Ilm. INFOTEK, 1(1). [9] Daeli, M. M. Y., & Hondro, R. K. (2017). PERANCANGAN APLIKASI PENCARIAN KATA DENGAN KOMBINASI ALGORITMA KNUTH MORRIS PRATT DAN ALGORITMA BOYER MOORE. Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), 12(2). [10] Hamzah, M. L., Purwati, A. A., Rusilawati, E., & Hamzah. (2019). Rapid Application Development In Design Of Library Information System In Higher Education. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(11), 153-156.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v17i2.9769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Sains dan Teknologi Industri




Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php