REKONFIGURASI SISTEM DISTRIBUSI 20 KV GARDU INDUK TELUK LEMBU DAN PLTMG LANGGAM POWER UNTUK MENGURANGI RUGI DAYA DAN DROP TEGANGAN

Abrar Tanjung

Abstract


Gardu Induk Teluk lembu untuk memenuhi kebutuhan energi listrik sepanjang jalan Lintas timur Kabupaten Pelalawan meliputi daerah Kulim, Pasir putih,Sei kijang mati sampai Pangkalan kerinci sedangkan PLTMG Langgam Power untuk memenuhi sebahagian kebutuhan energi listrik daerah SP dan lintas timur Kota Pangkalan kerinci. Beban Feeder Cemara untuk memenuhi kebutuhan energi listrik sepanjang jalan lintas timur kabupaten pelalawan sudah cukup tinggi. Sehingga menyebabkan rugi daya (power losses) dan jatuh tegangan (voltage drop) cukup tinggi. Akibatnya kualitas pelayanan listrik menjadi rendah. Untuk mengurangi beban pada Feeder Cemara, maka akan dilakukan Rekonfigurasi dari Feeder Cemara Gardu Induk teluk lembu ke Feeder Langgam PLTMG langgam Power. Berdasarkan hasil analisa pembahasan dan perhitungan menggunakan Program ETAP 7.5 tegangan terendah pada saluran Feeder Cemara terdapat pada trafo TR.1064 sebesar 16,27 kV sedangkan tegangan terendah pada Feeder Langgam pada trafo SP.26 sebesar 19,87 kV dengan rugi daya total sebesar 731,04 kW. Setelah dilakukan rekonfigurasi, maka rekonfigurasi 2 maka tegangan terendah Feeder Cemara terdapat pada trafo TR.1102 sebesar 18,70 kV, pada saluran Feeder Langgam yaitu pada trafo SP.26 sebesar 19,05 kV dan pada saluran Feeder Pasir putih pada trafo ST.262 sebesar 18,78 kV dengan rugi daya total sebesar 410,65 kW. Penghematan rugi daya total diperoleh sebesar 320,39 kW.

Keywords


Gardu induk, rugi daya, rekonfigurasi

Full Text:

PDF

References


Asy’ari, Hasim, 2011 “Perbaikan Jatuh Tegangan Dan Rekonfigurasi Beban Pada Panel Utama Prambanan”, Universitas Muhammadiah Surakarta, Surakarta.

Cok Gede Indra Partha, 2006, “Rekonfigurasi Jaringan Distribusi Tenaga Listrik Menggunakan Breeder Genetic Algorithm (BGA), Jurnal Teknologi Elektro Vol 5, Teknik Elektro Unud, Bali.

Indra Jaya Mansur, 2003, “Model Beban dan Eliminasi Bus Beban Pada

Penyelesaian Aliran Daya Menggunakan Metoda Newton Raphson, Jurnal Penelitian Enjiniring Vol 9, Teknik Elektro Universitas Hasanuddin, Makasar.

Djiteng Marsudi, 2006, “Operasi Sistem Tenaga Listrik, Graha Ilmu,

Yogyakarta.

Hutauruk. T. S,1985, “ “Transmisi Daya Listrik”, Erlangga, Jakarta.

Muhammad Fayyadl, 2010,“Rekonfigurasi Jaringan Distribusi Daya Listrik Dengan Metode Algoritma Genetika”, Jurnal Teknik Elektro Universitas Diponegoro.

Kadir Abdul, 2000 “Distribusi Tenaga Listrik”,Universitas Indonesia, Jakarta.

Pabla, A. S, 1994 “Sistem Distribusi Daya Listrik.”, Penerbit Erlangga, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v11i2.743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Sains dan Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php