Penerapan Web Based of Knowledge Management System (KMS) pada Organisasi (Studi Kasus: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau)

Idria Maita

Abstract


Organization Knowledge Management System (OKMS) merupakan suatu pola pengelolaan aset pengetahuan yang mengkonversikan kemampuan individu ke dalam bentuk kemampuan explicit yang dapat dimanfaatkan oleh individu lainnya untuk membangun kemampuan profesional organisasi. Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Suska Riau sudah sepatutnya mengembangkan sistem organisasinya melalui pengelolaan aset pengentahuan individunya. Namun apakah pengetahuan individu-individu yang ada saat ini sudah dikelola dengan baik, sehingga lembaga ini mampu menerapkan sistem automatisasi. Melalui penelitian ini, peneliti melakukan uji kepatutan terhadap FST untuk mampu membangun suatu Knowledge Management System (KMS) nantinya dengan memanfaatkan teknologi website. Untuk itu, diperlukan data yang konkrit dan nyata dilapangan apakah KMS berbasiskan web ini bisa diterapkan sesuai dengan kondisi yang sedang berjalan di FST sekarang. Penelitian ini menitikberatkan pada pengukuran pengetahuan pegawai dan dosen (yang berada pada struktural) di unit kerja administrasi umum dan akademik. Dengan menggunakan metode deskriptif dan teknik forum group discussion (FGD), data-data yang diperoleh nantinya akan diproses dengan menggunakan komponen krisis knowledge management (KM) sehingga hasil yang diharapkan adalah pertama apakah budaya sharing knowledge sudah berjalan dan KMS berbasikan web dapat diterapkan di FST.


Keywords


OKMS,FST,website, FGD

Full Text:

PDF

References


Abell, Angela dan Nigel Oxbrow. 2001. Computing with Knowledge: The Information Professional in the Knowledge Management Age. London: Library Association Publication.

Carl Davidson and Philip Voss. 2003. Knowledge Management: An Introduction to creating competitive advantage from intellectual capital. New Delhi: Vision Books.

Davenport, Thomas, H., and Laurence Prusak. 2003. Working Knowledge: How Organizations Manage What They Know. Havard Business School Press, Boston. 1998.

Davidson, Carl and Philip Voss. 2003. Knowledge Management, An Introduction to creating competitive advantage from intellectual capital. Vision Book. New Delhi.

Elias M. Awad & Hassan M. Ghaziri. 2003. Knowledge Management, Prentice Hall, Inc., A Pearson Education Company. 2003.

Housel, Thomas J and Arthur H.Bell. 2001. Measuring and Managing Knowledge. Boston: Mc Graw-Hill International Edition.

Von Krogh, George, Kazuo Ichiyo and Ikujiro Nonaka. 2000. Enabling Knowledge Creation. Oxford University Press, Inc. New York.

Krueger, Richard A. 1998. Focus Group A Practical Guide for Applied Research. SAGE Publication, Inc. Newbury Park, California.

Litosseliti, L. 2003. Using Focus Group in Research. Continuum London.

Nonaka, Ikujiro and Takeuchi H. 1995. The Knowledge Creating Company: How Japanesse Companies Create the Dynamics In Innovatio. Oxford University Press.

Pearce, John, A. and Richard B Robinson, Jr. 1997. Manajemen Strategik. Formulasi, Implementasi dan Pengendalian. Binarupa Aksara.

Quinn, James, B., Philip Anderson and Sydney Finkelstein. 1998. Managing Professional Intellect: Making the Most of the Best. In Harvard Business Review on Knowledge Management. Harvard Business School Publishing.

Tiwana, Amrit. 2000. The Knowledge Management Tollkit. Prentice Hall

YULIAZMI, 2005, Penerapan Knowledge Management Pada Perusahaan Reansuransi. Thesis, Universitas Budi Luhur.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v9i1.605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Sains dan Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php