Perancangan Aplikasi Multimedia sebagai Media Pembelajaran
Abstract
Proses pembelajaran tidak akan mencapai hasil yang optimal jika tidak diimbangi oleh keragaman pendekatan dan metode, baik pendekatan individual, kelompok, maupun klasikal. Perangkat Computer Based Learning (CBL) dikembangkan dengan tujuan untuk membantu siswa dalam memahami konsep-konsep materi pembelajaran yang disajikan secara interaktif oleh sistem serta mampu memberikan informasi lebih baik. Masalah yang dibahas dan diteliti adalah bagaimana merancang aplikasi mulitimedia pembelajaran sebagai alternatif media pembelajaran yang efektif. Meteri yang digunakan terdiri dari gabungan teks, grafik, audio, animasi dan video. Penelitian dilakukan di SMA 5 Pekanbaru dan bertujuan untuk menghasilkan aplikasi multimedia interaktif yang efektif. Apliksi yang dihasilkan dapat menjadi pilihan untuk menyampaikan materi pembelajaran serta untuk menimbulkan minat belajar serta kepahaman siswa terhadap materi pelajaran sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dharma, Surya. “Bimbingan dan Konseling di Sekolah” Jurnal Kompetensi Supervisi Manajerial. UPI, 2008.
Hendrawansyah, Rudi. “Multimedia Pembelajaran Lithosfer untuk SMA kelas X” Jurnal Teknologi Informasi. UDINUS, 2009.
Jogiyanto, H.M. “Analisis dan Desain Sistem Informasi” Penerbit ANDI, Yogyakarta. 2005.
Jogiyanto, H.M. “Sistem Teknologi Informasi” Penerbit ANDI, Yogyakarta. 2005.
Jusuf, Heni. “Perancangan Aplikasi Sistem Ajar Tematik Berbasis Multimedia” Jurnal Artificial, ICT Research Center UNAS. 2009.
Kadir, Abdul, dan Terra CH. Triwahyuni. “Pengenalan Teknologi Informasi” Penerbit ANDI, Yogyakarta. 2005.
Madcoms. “Macromedia Flash Pro 8” Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2007.
Mulyanto, Agus. “Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi” Pustaka Pelajar, Yogyakarta. 2009.
Prabowo, Hendra. “Analisa dan Perancangan Aplikasi Multimedia Interaktif sebagai Media Informasi dan promosi” Jurnal. STMIK AMIKOM, Yogyakarta. 2011.
Pramono, Andi. “Berkreasi Animasi dengan Macromedia Flash MX Professional 2004” Penerbit ANDI, Yogyakarta. 2005.
Pramono, Andi. “Presentasi Multimedia dengan Macromedia Flash” Penerbit ANDI, Yogyakarta. 2006.
Rahardja, Untung, dan Suryo Guritno. “Theory and Application of IT Research” Penerbit ANDI, Yogyakarta. 2011.
Rahmatikan, Rosa dkk, “Efektifitas Penerapan Interaktif Komponen Perangkat Keras (Hardware) Komputer dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas VII SMPN 40 Bandung, Skripsi, UPI Bandung 2012
Sobirin. “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Steganografi Berbasis Multimedia” UIN SUSKA, Pekanbaru. 2010.
Suheri, Agus. “Animasi Multimedia Pembelajaran” Jurnal. STMIK, Banten. 2009 (diakses tanggal 9 maret 2011)
Suwardi. “Bimbingan dan Konseling 2” Yudhistira, Jakarta. 2010
Suyanto, M. “Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing” Penerbit ANDI, Yogyakarta. 2005.
Topazart. “Multimedia Interaktif dengan Flash” Topazart.info, Jakarta. 2008
Wulan, Sri Ratna, dkk. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer Pengelolaan Informasi Berbasis Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Promethee”, Skripsi, UPI Bandung 2012
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v9i2.599
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Sains dan Teknologi Industri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU Kampus Raja Ali Haji Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293 Email: sitekin@uin-suska.ac.id © 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939 |
SITEKIN Journal Indexing:
Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php