Briket Pelepah Kelapa Sawit sebagai Sumber Energi Alternatif yang Bernilai Ekonomis dan Ramah Lingkungan

Petir Papilo

Abstract


Krisis energi merupakan isu yang sedang hangat dibicarakan dewasa ini, terlebih lagi dengan semakin menipisnya cadangan energi yang berasal dari bahan bakar fosil. Ditambah lagi dengan kenaikan harga bahan bakar yang memberikan dampak yang sangat besar bagi masyarakat indonesia, karena sebagian besar masyarakat masih bergantung pada bahan bakar fosil. Untuk mengatasi masalah ini maka perlu dicari sumber energi alternatif yang dapat mengganti peran bahan bakar minyak. Salah satu energi alternatif yang terus dikembangkan adalah biobriket yang  terbuat dari limbah perkebunan atau limbah industri. Salah satu limbah perkebunan yang belum dimanfaatkan adalah pelepah kelapa sawit. Dengan ketersediaannya yang melimpah dan dengan menggunakan teknologi yang sederhana diharapkan pengembangan briket dari pelepah kelapa sawit dapat menjadi salah satu energi alternatif pengganti bahan bakar fosil.

                Penelitian ini dilakukan dengan membedakan perlakuan pada tiga spesimen percobaan, yakni K1, K2 dan K3. Kemudian akan dilakukan uji kualitas terhadap ketiga spesimen dengan melakukan Uji Kadar Kalor, Uji Kadar Air, dan Uji Kadar Abu. Tahap selanjutnya dalam penelitian ini adalah menghitung biaya serta harga jual briket dari pelepah kelapa sawit dengan menggunakan perhitungan Harga Pokok Produksi (HPP) dengan menggunakan metode full costing. Kemudian dilakukan perbandingan nilai ekonomi briket pelepah kelapa sawit dengan minyak tanah dan gas LPG.

                Adapun hasil penelitian adalah kadar kalor tertinggi  pada spesimen K1 yakni 3.477,67 kKal. Sedangkan untuk pengujian kadar air spesimen yang mampu mengeluarkan air terbaik adalah spesimen K3 dengan persentase air yang dapat menguap adalah 66,3 %. Kemampuan briket untuk terbakar dapat dilihat dari kadar abu terkecil yaitu pada spesimen K1 dengan kadar abu 4,20%. Adapun hasil perhitungan harga pokok produksi, untuk memproduksi briket dengan kapasitas 150 kg briket per hari  adalah Rp 830/Kg dengan harga jual yang dapat ditawarkan kepada konsumen sebesar Rp. 1300/Kg,-.


Keywords


Bahan Bakar Fosil, Biobriket, Briket Pelepah Kelapa Sawit, Nilai Kalor

Full Text:

PDF

References


BPS Propinsi Riau,2012 “Riau dalam Angka Tahun 2011”. Pekanbaru.

Earl, D.E., 1974. A report on Corcoal, Andre Meyer Researc Fellow. FAO. Rome.

Haygreen, J.G dkk. 1989. “Hasil Hutan dan Ilmu Kayu Semua Pengantar”. Diterjemahkan oleh Sutjipto A. Hadikusumo. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Hendra, D. 1999. “Bahan Baku Pembuatan Arang dan Briket Arang”. Litbang Hutan. Gunung Batu. Bogor

Jamilatun, 2011, “Kualitas dari Sifat-sifat Penyalaan dari Pemabakaran Briket Tempurung Kelapa, Briket Serbuk Gergaji Kayu Jati, Briket Sekam Padi dan Briket Batubara”., Proseding Seminar Nasional Teknik Kimia, Yogyakarta

Mulia, Arganda, 2007., “Pemanfaatan Tandan Kosong dan Cangkang Kelapa Sawit sebagai Briket Arang”, Sekolah Pasca Sarjana Universitas Sumatera Utara – Medan.

Ndaraha, 2009.,”Uji Komposisi Bahan Pembuatan Briket Bioarang Tempurung Kelapa dan Serbuk Gergaji terhadap Mutu yang Dihasilkan”, Departemen Teknologi Pertanian, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Sudrajat dkk, 2006.,”Teknik Pembuatan dan Sifat Briket Arang dari Tempurung dan Kayu Tanaman Jarak Pagar”, http://www.forda-mof.org.

Widarti, dkk, 2007., “Studi eksperimental Karakteristik Briket Organik dengan Bahan baku Dari PPLH Seloliman”, Teknik Fisika ITS Surabaya.

Wijayanti, 2009.,”Karakteristik Briket Arang dari Serbuk Gergaji dengan Penambahan Arang Cangkang Kelapa Sawit”, Departemen Kehutanan, Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Medan.

Yudanto & Kusumaningrum, 2008., Pembuatan Briket Bioarang dari Arang Serbuk Gergaji Kayu Jati”, Jurusan Teknik Kimia, Universitas Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v9i2.593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Sains dan Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php