Analisis Penerapan Sistem Informasi Perpustakaan terhadap Kualitas Pelayanan Perpustakaan

Nesdi Evrilyan Rozanda, Depi Agusman

Abstract


Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN SUSKA) telah menerapkan sistem informasi yang memberikan pelayanan pada proses peminjaman, pengembalian dan pencarian koleksi buku, serta pengolahan data anggota, staf dan administrasi. Dalam prakteknya, masih terdapat masalah dan keluhan dari pengguna seperti belum optimalnya  alat pendukung sistem yang ada, kurang akuratnya fungsi pencarian koleksi buku dan masih kurang lengkapnya beberapa fitur pendukung system. Hal tersebut berakibat proses peminjaman buku kembali dilakukan secara manual dan membuat kurangnya kualitas pelayanan Dalam penelitian ini, Metode yang digunakan untuk menganalisis adalah metode servqual dengan variabel penelitiannya adalah presepsi, ekspektasi dan kepuasan pengunjung terhadap pelayanan perpustakaan. Presepsi dan harapan yg diukur tersebuat adalah tangible, reliability, responsiveness, empathy, dan assurance. Data diperoleh dengan melakukan wawancara menyebarkan kuesioer kuesioner dan dikembangkan mengikut metode servqual. Tingkat kepuasan pengunjung ditentukan dari nilai kesenjangan antara nilai presepsi dengan ekspektasi. Hasil yang diperoleh adalah persepsi pengunjung perpustakaan belum merasa puas terhadap pelayanan perpustakaan dan berharap dilakukannya perbaikan system dan pelayaanan agar lebih baik.


Keywords


ekspektasi, kepuasan pengunjung, presepsi, servqual, sistem informasi

Full Text:

PDF

References


Fathoni. ”Analisa Kualitas Sistem Informasi Menggunakan Metode Servqual”. Konferensi Nasional Sistem dan Informatika, Bali. 14 November 2009.

Jiang, James J.,et al.” Measuring Information System Service Quality : Servqual From the Other”. Journal MIS Quarterly. Vol. 2 No. 2. 2006.

Juliandi, Azuar. “Teknik Pengujian Validitas dan Realibilitas”. 2007

Kadir, Abdul, ”Pengenalan Sistem Informasi”.Penerbit Andi, Yogyakarta. 2003.

Kurniawan, Meinanda B.“Upaya Peningkatan Pelayanan Pengguna Flexi di Surakarta dengan menggunakan metode Servqual gap pada PT. Telkomsel Surakarta”.Skripsi. Surakarta : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2008

Ndendo, Roland T., dan Siringoringo, Hotniar. “ Analisa Kepuasan Mahasiswa terhadap PSMA On-Line pada Universitas Gundadarma”. Journal Processing PESAT ( Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitek, dan Sipil). Vol.2. 2007

Prasetyawan, Yanuar Y.”Pengaruh Penerapan Sistem Informasi PerpustakaanTerhadap Kualitas Layanan Perpustakaan di Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Unit S1 Reguler”.Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang. 2010

Sanjaya, Novi. ”Analisa Kualitas Jasa Layanan Pencucian Mobil Menggunakan Metode Servqual (Studi Kasus : Pada Edy Automatic Car Wash




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v10i1.578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Sains dan Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php