Kinerja Modulus Resilien dan Deformasi Permanen dari Campuran Lapis antara (AC-BC) yang Menggunakan Material Hasil Daur Ulang (RAP)
Abstract
Penggunaan material hasil daur ulang (RAP) merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah dalam pembangunan dan perawatan jalan raya yang disebabkan oleh tingginya harga material baru. Teknologi daur ulang selain mempertahan struktur perkerasan yang lama juga tetap menjaga geometri perkerasan. Pada penelitian ini dilakukan dua tipe campuran AC-BC dengan menggunakan 15% dan 25% RAP. Pengujian laboratorium untuk mengetahui karekteristik campuran adalah dengan pengujian Marshall, PRD, Immersion, Modulus dengan alat UMATTA dan Wheel Tracking. Hasil pengujia memperlihatkan bahwa semakin banyak kandungan aspal RAP maka nilai penetrasi semakin turun dan nilai titik lembek semakin naik. Hasil pengujian Marshall dengan nilai stabilitas paling tinggi (1730,9 Kg) dihasilkan oleh campuran yang menggunakan 25% RAP. Nilai IRS terbesar (96,66%) juga dihasilkan oleh campuran yang menggunakan 25% RAP. Nilai UMATTA terbesar (3818 Mpa pada temperatur 300 C) juga dihasilkan oleh campuran yang menggunakan 25% RAP. Nilai total deformasi terkecil (0,55 mm pada temperatur 450 C) juga dihasilkan oleh campuran yang menggunakan 25% RAP. Maka secara keseluruhan dapat dilihat bahwa campuran yang menggunakan 25% RAP memberikan hasil kinerja yang baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kementerian Pekerjaan Umum, (2010), Seksi 6.3 Spesifikasi Campuran Beraspal Panas.
De Vos, K. B., (1992), Reference and Operating Manual, Universal Materials Testing Apparatus for Asphalt and Unbound Specimens (UMATTA), Industrial Process Controls Ltd., Australia.
Callister, Jr. William, D., (2003), Material Science and Engineering An Introduction, sixth edition, John Wiley & Sons, Inc., USA.
Huang, Yang. H, (2004), Pavement Analysis and Design, 2nd Edition, Prentice-Hall, Inc, New Jersey
Sugeng, B.S., (2009), Perkembangan Desain Dan Teknologi Foam Bitumen Untuk Material Daur Ulang, disajikan dalam acara Asphalt Training Pertamina, Kelompok Keahlian Rekayasa Transportasi FTSL ITB.
Shell Bitumen (2003), The Shell Bitumen Handbook, Published By Shell Bitumen U.K
The Asphalt Institute, (1996), Superpave Mix Design, Superpave Series No.2 (Sp-2), Lexington, Kentucky Usa.
Yoder, E. J., And Witczak, M.W., (1975), Principles Of Pavement Design, 2nd Edition, John Wiley & Sons, Inc, New York
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v10i1.575
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Sains dan Teknologi Industri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU Kampus Raja Ali Haji Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293 Email: sitekin@uin-suska.ac.id © 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939 |
SITEKIN Journal Indexing:
Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php