USULAN PERBAIKAN SISTEM PENJADWALAN DISTRIBUSI MENGGUNAKAN METODE DISTRIBUTION REQUIREMENT PLANNING DI PT. COCA COLA AMATIL CABANG PEKANBARU

M. Ridho Akmal, Tengku Nurainun

Abstract


Suatu perusahaan akan dihadapkan pada masalah yang berhubungan dengan sistem distribusi. Masalah ini timbul karena konsumen berada pada lokasi terpisah secara geografis, hal ini mengakibatkan pentingnya penyimpanan persediaan pada beberapa lokasi. PT. Coca Cola Amatil Cabang Pekanbaru  merupakan   main dealer (distributor) resmi sebuah perusahaan dagang  yang bergerak didalam bidang pemasaran minuman ringan tanpa alkohol, perusahaan ini memiliki berbagai jenis produk, namun dalam penelitian ini kami mengambil jenis produk Coca – Cola, Sprite, Fanta dan Frestea (dalam kemasan krat). Pengiriman produk dilakukan sesuai dengan permintaan masing-masing konsumen dengan menggunakan sarana transportasi darat. Sistem distribusi PT. Coca Cola Amatil Cabang Pekanbaru yang saat ini dijalankan oleh perusahaan memiliki beberapa kelemahan. Diantaranya adalah sering terjadinya kelebihan atau kekurangan terhadap permintaan produk dan keterlambatan pengiriman produk atas suatu pesanan. Dengan adanya masalah tersebut, maka dilakukan penelitian dengan metode Distribution Requirement Planning (DRP) dengan harapan dapat dilakukan pendistribusian produk dari pabrik ke kota – kota distribusi secara optimal. Distribution Requirement Planning adalah suatu metode untuk menangani pengadaan persediaan dalam suatu jaringan distribusi multi eselon. Tujuan dari Distribution Requirement Planning (DRP), yaitu melakukan perencanaan dan penjadwalan aktivitas distribusi yang baik, sehingga keberhasilan dalam pemenuhan permintaan pelanggan akan menjadi lebih optimal. Hasil Penelitian ini berupa penjadwalan yang dapat digunakan untuk mendukung aktifitas distribusi supaya lebih terkelola dengan baik dan dapat mengurangi stock out dan over stock.

       

Keywords


Distribution Requirement Planning (DRP)

Full Text:

PDF

References


 Hakim, Arman. dan prasetyawan. Yudha, 2008 “Perencanaan dan Pengendalian Produksi”PT Graha Ilmu, Yogyakarta.

 Gaspersz, Vincent, 2004, Production planning and Inventory Control, PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

 Ishak, Aulia, 2010, Manajemen Operasi, PT. Graha Ilmu : Yogyakarta

 Purnomo, Hari, 2003, Pengantar Teknik Industri, PT Graha Ilmu, Yogyakarta.

 Handayani, Putu, 2011, Perencanaan Penjadwalan Distribusi Produk Dengan Metode Distribution Requirement Planning (DRP), Jurnal, Universitas Pembangunan Nasional “veteran”, Jawa Timur.

 Desi, Mufti, 2012, Penerapan Distribution Requirement Planning Pada aktivitas Distribusi Sepeda Motor Honda, Jurnal, Universitas Bung Hatta, Padang.

 Juliansyah, Deka, 2011, Sistem Informasi Distribusi Barang Menggunakan Metode Distribution Requirement Planning (DRP), Jurnal, Universitas Bina Darma, Palembang.

 Fahrozi, Adib Abdilah, 2009, Perencanaan Penjadwalan Aktifitas Distribusi Hasil Perikanan Dengan Menggunakan Distribution Requirement Planning (DRP), Jurnal, Universitas Pembangunan Nasional “veteran”, Jawa Timur.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v11i1.567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Sains dan Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php