PRODUKTIVITAS LAYANAN POS PAY DENGAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD DI PT. POS CABANG PEKANBARU

Idria Maita, Indra Robianto

Abstract


Tingginya tingkat persaingan didunia bisnis mengakibatkan pihak perusahaan harus lebih meningkatkan Produktifitas perusahaan. Terjadinya kekosongan, adanya perbedaan pelayanan dan panjangnya antrian pada layanan Pos Pay membuat perlunya dilakukan suatu pengukuran terhadap Produktifitas perusahaan. Pengukuran Produktifitas pada penelitian ini dinilai menggunakan metode pengukuran Balanced scorecard dengan metodologi penelitian; observasi,wawancara dan kuesioner. Pengukuran ini dilakukan untuk menilai Produktifitas perusahaan berdasarkan perspektif pelanggan serta untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan oleh pihak manajemen perusahaan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produktivitas layanan Pos Pay kantor pos indonesia cabang pekanbaru dinilai Cukup Baik. Hal ini ditunjukkan dari indikasi perspektif pelanggan yaitu: pada variabel retensi pelanggan mengalami peningkatan dengan indikasi nilai Baik dan akusisi pelanggan yang mengalami peningkatan dengan indikasi nilai buruk serta indikator lingkungan organisasi pada presepsi kepuasan pelanggan mengalami tingkat validitas paling rendah. Agar tercapainya Visi dan Strategi maka perusahaan harus memperbaiki variabel Akusisi pelanggan dan indikator lingkungan organisasi yang dinilai masih kurang baik terhadap Produktifitas perusahaan.

     

Keywords


Balanced Scorecard, Perspektif Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Produktifitas

Full Text:

PDF

References


Alex S. Nitisemito “Manajemen Personalia: Manajemen Sumber Daya Manusia”. Edisi ke 3, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta. 2000

Dessler dan Gary “Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Indeks”. Edisi Ke 9, Jakarta. 2004

Gaspersz, Vincent “ Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard Dengan Malcolm Baldrige Dan Lean Six Sigma Supply Chain Management ”. Penerbit Vinchristo Publication, Bogor. 2011

Mulyadi “Balanced Scorecard : Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan”. Jakarta. 2001

Pratiwi, Putri Dhika “Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Konsep Balanced Scorecard pada PT. Bank Tabungan Negara (persero) Cabang Solo”. Skripsi. Surakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2008

Priyatno,Duwi “Aplikasi Dan Penerapan SPSS 17”. 2009

Rusdiyanto, Ahmad Falah ”Analisis Kinerja Dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada PDAM Kabupaten Semarang”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. 2010

Robbins, S. P “Perilaku Organisasi (Terjemahan) PT. Indeks Kelompok “. Penerbit Gramedia, Jakarta. 2006

Sedarmayanti “Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja” Bandung. 2001

Umar, Husein”Riset Sumber Daya Dalam Organisasi”. Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 2001




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v10i2.538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Sains dan Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php