Analisis Kinerja Cafe XYZ Dengan Metode Balanced Scorecard Dan SWOT

Octavia Vanessa Wiyose, Elly Ismiyah, Yanuar Pandu Negoro

Abstract


Pengukuran kinerja merupakan aspek utama untuk mengendalikan pelaksanaan strategi perusahaan. Metode Balanced Scorecard dan SWOT ini dapat mempermudah untuk memantau kinerja perusahaan. Cafe adalah tempat untuk bersantai, bebincang-bincang atau bahkan bertukar pikiran. Cafe XYZ ini telah melakukan banyak perubahan konsep, yang mulanya mengangkat konsep pujasera menjadi cafe dengan hiburan live music namun peningkatan tersebut terkadang masih belum bisa mencapai target yang telah ditentukan.  Penelitian ini menggunakan metode Balanced Scorecard dan SWOT yang digunakan untuk menyusun stategi agar terjadi peningkatan kinerja. Berdasarkan hasil penelitian ini, Cafe XYZ ini berada pada kuadran 1 yang berarti strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada. Pada ada perspektif keuangan, terdapat ukuran kinerja ROE 261,60%, ukuran NPM 72,25%, dan Sales Growth (SG) dengan nilai kinerja sebesar 51%. Pada perspektif pelanggan, ukuran jumlah struk kasir perbulan dengan nilai pencapaian 719, ukuran jumlah komplain dengan nilai 0,7 dan ukuran kepuasan pelanggan dengan nilai 89%. Pada perspektif proses bisnis internal, pengukuran berbasis jumlah inovasi baru perbulan memperoleh hasil 1,5 dan kinerja berbasis jumlah unggahan promosi di media sosial sebesar 13,3. Pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, ukuran absence karyawan memiliki kinerja 2,5 dan tingkat jumlah karyawan yang keluar dengan nilai kinerja 11%.

Full Text:

PDF

References


R. Julioe, “Café Addict” : Gaya Hidup Remaja Perkotaan (Studi Kasus pada Remaja di Kota Mojokerto),” vol. 13, no. 3, pp. 1576–1580, 2017.

M. W. Atmodjo, Bar, Minuman, dan Pelayanannya, Edisi II. Yogyakarta: Andi, 2010.

A. Prakoso and N. Negoro, “Analisa Strategi Pemasaran Produk Kosmetik Wardah Dengan Pendekan SWOT-AHP (Analytic Hierarchy Process),” J. Sains dan Seni ITS, vol. 6, no. 1, pp. 62–67, 2017.

R. M. Ramadhan, “Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Integrasi Swot-Balance Scorecard (Studi Kasus : Kopi Rolas Yogyakarta),” Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 2020.

Daryono, R. P. Setyanto, Hersugondo, S. Supriyati, and S. Bakhri, “Pemetaan Dan Strategi Meningkatkan Kinerja Umkm Perkebunan Dengan Balance Scorecard,” Sustain. Compet. Advantage-9 FEB Unsoed, vol. 9, no. 1, pp. 331–338, 2019.

Sugiyanto and Sarwani, “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Peningkatan Daya Saing Serta Kualitas Produk Dengan Integrasi Swot Dan Balance Scorecard (Studi Kasus Pt. Purnamajaya Bhakti Utama),” J. Ilm. Ilmu Manaj., pp. 52–67, 2020.

J. D. Hanggoro, “Usulan Strategi Peningkatan Kinerja Perusahaan Dengan Pendekatan Swot-Balanced Scorecard,” Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 2018.

W. Kukuh, N. A. Pratiwi, and M. Eliza, “Penerapan Balanced Scorecard Serta Analisis Swot Dalam Perancangan Strategi Pada Badan Usaha Milik Daerah Pt Bank X,” J. Ilmu Manaj., vol. 9, no. 4, pp. 1487–1499, 2021, doi: 10.26740/jim.v9n4.p1487-1499.

I. Bostan and V. Grosu, “Contribution of Balance Scorecard Model in Efficiency of Managerial Control,” Rom. J. Econ. Forecast., vol. 3, no. 22, pp. 178–199, 2011.

M. Hartati, R. R.-J. T. Industri, and undefined 2016, “Perancangan Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Metode Swot di CV. Sekar Sari Roti Pekanbaru,” ejournal.uin-suska.ac.id, vol. 2, no. 2, 2016, Accessed: Aug. 25, 2021. [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jti/article/view/5100.

Koesomowidjojo, Balance scorecard: Model Pengukuran Kinerja Organisasi Dengan Empat Perspektif. Jakarta: Raih Asa Sukses., 2017.

T. A. N. Haidiputri, “Penggunaan Metode Balance Scorecard dalam Pengukuran Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Probolinggo,” J. Manaj. Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 14–23, 2019, doi: 10.33096/jmb.v6i2.221.

M. P. Sary, “Analisis Kinerja Dengan Menggunakan Pendekatan Rasio Camel,” J. Din. Manaj., vol. 5, no. 1, p. 12, 2015, doi: 10.15294/jdm.v5i1.3648.

I. P. Eka Hayati Rhomah, Titik Sunarni, “Analisis Kinerja Apotek Avicena Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard Dengan Analisis SWOT,” J. Ilm. Ibnu Sina, vol. 7, no. 2, pp. 350–359, 2022.

A. D. C. Bain Khusnul Khotimah, Firli Irhamni, Moh. Zein Saedi, “Sistem Informasi Pengukuran Kinerja Ukm Kerupuk Ikan Berbasis Sistem Manajemen Strategis Dengan Menggunakan Metode AHP Dan Balance Scorecard,” J. Ekon. dan Bisnis, pp. 978–979, 2018.

E. W. Wibowo, “Kajian Analisis Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Dengan Menggunakan Metode Balance Scorecard,” J. Lentera Bisnis, vol. 6, no. 2, p. 25, 2018, doi: 10.34127/jrlab.v6i2.188.

A. Prayudi and M. Tanjung, “Analisis Kinerja Perusahaan dengan Metode Balanced Scorecard pada PT. Ria Busana Medan,” J. Manaj., vol. 4, no. 2, pp. 126–130, 2018.

K. Dewi and A. K. Surya, “Penerapan Balanced Scorecard untuk Menilai Kinerja PT XL Axiata Tbk dalam Mencapai Strateginya,” Binus Bus. Rev., vol. 6, no. 2, p. 268, 2015, doi: 10.21512/bbr.v6i2.976.

Y. Ali, Analisis Kinerja Perusahaan Dengan Metode Balanced Score Card Dan Swot. Jakarta, 2015.

H. Setyorini, M. Effendi, and I. Santoso, “Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM (Case Study: WS Restaurant Soekarno Hatta Malang),” Ind. J. Teknol. dan Manaj. Agroindustri, vol. 5, no. 1, pp. 46–53, 2016, doi: 10.21776/ub.industria.2016.005.01.6.

A. Rinaldi, N. Rahmadani, P. Papilo, S. Silvia, and M. Rizki, “Analisa Pengambilan Keputusan Pemilihan Bahan Dalam Pembuatan Kemeja Menggunakan Metode TOPSIS,” SITEKIN J. Sains, Teknol. dan Ind., vol. 18, no. 2, pp. 163–172, 2021, Accessed: Jun. 05, 2022. [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/12862.

E. E. G. Permata et al., “Analisa Strategi Pemasaran Dengan Metode BCG (Boston Consulting Group) dan Swot,” SITEKIN J. Sains, Teknol. dan Ind., vol. 17, no. 2, pp. 92–100, 2020, Accessed: Aug. 25, 2021. [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/12329.

E. B. Leksono, Pengukuran Kinerja (model-model popular dan implementasi sederhananya), vol. X. Sidoarjo: Indomedia Pustaka, 2020.

P. Anggraeni, S. Sunarti, and M. K. Mawardi, “Analisis SWOT pada UMKM Keripik Tempe Amel Malang Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Perusahaan,” J. Adm. Bisnis, vol. 43, no. 1, pp. 104–113, 2017.

M. H. Alim and S. Suseno, “Analisa Persediaan Bahan Baku Menggunakan Metode Continuous Review System dan Periodic Review System di PT XYZ,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. III, pp. 163–172, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v20i1.19790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri




Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php