Strategi Peningkatan Daya Saing Produk UMKM Melalui Teknologi Informasi dan Standarisasi Produk Pasca Pandemi Covid-19

Yani Iriani, Arief Rahmana, Riki Ridwan Margana, Annisa Maharani

Abstract


UMKM tidak bisa dipungkiri telah menjadi tulang punggung perkembangan perekonomian di Indonesia dan yang menyelamatkan negara dari keterpurukan. Namun, pandemic COVID-19 saat ini telah meninggalkan banyak UMKM  tidak berdaya. Salah satu masalah yang umum terjadi pada UMKM adalah adanya penurunan penjualan karena masih ada produk yang belum sesuai dengan standar yang ditetapkan, hal ini mengakibatkan produk UMKM tidak dapat bersaing dengan produk sejenisnya. Begitu pula dengan keberadaan Teknologi Informasi, dimana di dalam pelaksanaannya masih belum optimal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemanfaatan Teknologi Informasi secara empiris melalui Standarisasi Produk terhadap Daya Saing UMKM di Kecamatan Astana Anyar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kuantitatif (metode survey). Analisis pengolahan data  yang digunakan Regresi Linier Berganda, Koefisien Kolerasi, Koefisien Determinasi, dan Uji-T. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah pemilik atau pengelola UMKM di Kecamatan Astana Anyar sebanyak 75 UMKM, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 50 UMKM dan teknik sampling yg digunakan adalah teknik Non Probability Sampling. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa bahwa pengaruh Teknologi Informasi berpengaruh signifikan terhadap Daya Saing UMKM sebesar 44 % dan Standarisasi Produk berpengaruh terhadap hubungan antara Teknologi Informasi dan Daya Saing pada UMKM di Astana Anyar sebesar 42,3%. Hal ini menunjukkan bahwa semua faktor tersebut merupakan faktor faktor yang menentukan tinggi rendahnya daya saing UMKM.


Full Text:

PDF

References


A. Fadhila and A. B. Cahyono, “Pembuatan WebGIS Untuk Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kabupaten Blitar,” J. Tek. ITS, vol. 6, no. 2, pp. 2–7, 2017, doi: 10.12962/j23373539.v6i2.23451.

H. A. Sarwono, “Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM),” Bank Indones. dan LPPI, pp. 1–135, 2015.

A. P. Auliya et al., “Online Business Transformation in the Covid-19 Pandemic Era (Case Study of Msme Activities in Tangerang City),” Int. J. Econ. Account. Res., vol. 6, no. 1, pp. 546–552, 2022.

A. Fajri, “Perancangan Tata Letak Gudang Dengan Metode Systematic Layout Planning,” ejournal.uin-suska.ac.id, vol. 7, no. 1, p. 2021, Accessed: Jun. 08, 2022. [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jti/article/view/10533

W. Satariah and R. Yusuf, “Pengaruh Pandemi COVID-19 Terhadap UMKM di Kota Bandung,” EKBIS, vol. 9, no. 1, pp. 28–39, 2021.

S. Sutoyo et al., “Data Analysis Of Near Vertical Incidence Skywave (NVIS) Propagation In Pekanbaru,” in Proceedings of the UR International Conference on Educational Sciences, 2022, pp. 85–90.

A. Efendi, M. Rizki, F. S. Lubis, and M. I. Hadiyul, “An Analysis of the Crispy Mushroom Business For Small And Medium-Sized Enterprises (SMEs) In Indonesia,” 2022.

D. Wahjudi, M. L. Singgih, P. Suwignjo, and I. Baihaqi, “Product quality as competitive priority: Its relationship with total quality management implementation in Indonesia,” 23rd Int. Conf. Prod. Res. ICPR 2015, vol. 2015-Janua, no. August, 2015.

I. I. Khafizov and I. G. Nurullin, “Product quality as the main factor of increase of competitiveness (on the example of JSC ‘Kazan helicopter plant’),” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 240, no. 1, 2017, doi: 10.1088/1757-899X/240/1/012039.

E. E. G. Permata et al., “Analisa Strategi Pemasaran Dengan Metode BCG (Boston Consulting Group) dan Swot,” SITEKIN J. Sains, Teknol. dan Ind., vol. 17, no. 2, pp. 92–100, 2020, Accessed: Aug. 25, 2021. [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/12329

M. Kurdi and I. D. Firmansyah, “Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM Di Kabupaten Sumenep Melalui E-COMMERCE,” J. Sains Sosio Hum., vol. 4, no. 2, pp. 569–575, 2020, doi: 10.22437/jssh.v4i2.11003.

J. N. A. Aziza, “Perbandingan Metode Moving Average, Single Exponential Smoothing, dan Double Exponential Smoothing Pada Peramalan Permintaan Tabung Gas LPG PT Petrogas Prima Services,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, pp. 35–41, 2022, doi: https://doi.org/10.55826/tmit.v1iI.8.

A. Wicaksono and F. Yuamita, “Pengendalian Kualitas Produksi Sarden Mengunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) Untuk Meminimumkan Cacat Kaleng Di PT. Maya Food Industries,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, pp. 1–6, 2022, doi: https://doi.org/10.55826/tmit.v1iI.6.

C. N. Handayani and M. A. Zona, “Analisis Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm di Kota Medan,” J. Econ. Bus., vol. 02, no. 02, pp. 86–97, 2021.

K. N. Wardhani, “Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan. Menengah (Umkm) Berbasis Industri Kreatif ... UMKM. Jakarta: PT. Refika Aditama,” 2017.

B. Solis, “Engage: The Complete Guide for Brands and Business to Build, Cultivate, and Measure Success in the New Web.,” New Jersey John Wiley Sons Inc, 2020.

E. Mufida, Martini, and D. W. A. Rahayu, “Pengembangan Sistem Voip menggunakan Server Issabel versi 4.0 dan Tunnel Eoip pada Omni Hospital Alam Sutera,” J. Manajemen, Tek. Inform. Rekayasa Komput., vol. 18, no. No.1, Hal 13-20, 2018.

Y. T. Prasetyo and A. Fatih Fudhla, “Perbaikan Tata Letak Fasilitas Gudang Dengan Pendekatan Dedicated Storage Pada Gudang Distribusi Barang Jadi Industri Makanan Ringan,” ejournal.uin-suska.ac.id, vol. 7, no. 1, p. 2021, Accessed: Jun. 08, 2022. [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jti/article/view/11283

Daris Dang, “Kecamatan Astana Anyar Dalam Angka,” Badan Pus. Stat. Kota Bandung, 2021.

B. Cahyono, L. Nurcholis, and M. Nugroho, “Information Technology Implementation in SMEs: A Comparison of Indonesia and Malaysia,” J. Manaj. Teor. dan Terap. | J. Theory Appl. Manag., vol. 15, no. 1, pp. 25–37, 2022, doi: 10.20473/jmtt.v15i1.30182.

J. G. Vargas-Hernández, “Influence of Information Technologies on Competitive Strategies for SMES,” Int. J. Environ. Sci. Nat. Resour., vol. 14, no. 5, 2018, doi: 10.19080/ijesnr.2018.14.555899.

W. H. Gunawan and W. Wachyuni, “Analysis of the Influence of Information Technology and Innovation on Competitive Excellence To Improve Organizational Performance ( Case Study on the Attractions of Bukit Panembongan Village Tembong Kuningan Regency),” Int. J. Econ. Bus. Account. Res., vol. 4, no. 03, pp. 217–228, 2020, doi: 10.29040/ijebar.v4i03.1305.

İ. E. Erdoğmuş and M. Çiçek, “The Impact of Social Media Marketing on Brand Loyalty,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 58, pp. 1353–1360, 2012, doi: 10.1016/j.sbspro.2012.09.1119.

K. P. dan A. Gary, “Prinsip Prinsip Pemasaran,” Ed. 13 Jilid 1 Jakarta Erlangga, 2012.

A. Gudmundsson, H. Boer, and M. Corso, “The implementation process of standardisation,” J. Manuf. Technol. Manag., vol. 15, no. 4, pp. 335–342, 2004, doi: 10.1108/17410380410535035.

A. D. Hag, “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Daya Saing usaha kecil dan menengah (UKM) di Kabupaten Bantul,” 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v20i1.19358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri




Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php