Rancangan Media Pembelajaran Iqra’ Yang Baik Dan Benar Berbasis Android

Muhammad Amin, Agung Purnomo Sidik, Bilka Kembaren

Abstract


Iqra adalah panduan sederhana yang terdiri dari jilid 1sampai jilid 6 untuk mempermudah belajar membaca Al-Quran dengan cepat dan praktis. Iqra merupakan panduan langkah demi langkah dalam mengenal huruf Al-Quran dari mengenal huruf sampai rangkaian huruf yang sederhana sampai yang komplek. Pendidikan agama harus diterapkan dari taman kanak – kanak hingga dewasa. Salah satu pokok bahasan mengenai pendidikan agama adalah pemahaman tentang pedoman hidup, yaitu kitab suci. Dalam Islam, yang menjadi pedoman hidup adalah Al Qur’an. Huruf yang digunakan dalam Al Qur’an adalah huruf Arab, sehingga sebagai orang Indonesia akan menemui kesulitan untuk mempelajarinya, kecuali apabila diajarkan sejak duduk di sekolah dasar untuk mempelajari iqra. Pada kenyataannya, anak-anak Indonesia yang mayoritas beragama Islam, banyak dari mereka yang buta huruf hijaiyah, tidak mengerti bagaimana membaca hurufAl Qur’an. Supriyono (2012) dalam jurnalnya yang berjudul “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Hadis Untuk Perangkat Mobile Berbasis Androrid”Perkembangan teknologi khususnya pada Smartphone adalah sangat pesat, apalagi dengan munculnya smartphone yang berbasis android yang mengakibatkan menurunya ketertarikan anak usia dini terhadap iqra sebagai media belajar. Android menjadi teknologi yang dipakai dalam pembuatan media pembelajaran Iqra yang efektif dan membangkitkan motivasi belajar anak usia dini yang berisi huruf hijaiyah dan suara. Perkembangan komunitas pembaca Al Qur’an membuat pemeriksaan Al Qur’an melalui smartphone semakin diperlukan dan sistem ini dapat mengenali ucapan bacaan Al Qur’an pengguna dan memeriksa kebenarannya berdasarkan aturan tajwid yang berlaku. Nugroho (2015) dalam jurnalnya yang berjudul “Game Edukasi Pengenalan Anggota Tubuh Dan Pengenalan Angka Untuk Kebutuhan Khusus (ABK) Tunagrahita Berbasis Kinect” mengungkapkan bahwa banyak metode belajar yang telah digunakan dan semuanya mengacu pada salah satu prinsip yaitu mudah diingat dan diterima oleh anak-anak tunagrahita. Salah satu metode yang digunakan dalam proses anak-anak tunagrahita menggunakan media game, media ini dapat meningkatkan dan menarik minat proses belajar. Model pembelajaan yang dipakai disekolah sudah bagus untuk membantu dan menunjang 3 perkembangan pola pikir anak-anak tunagrahita. Penggunaan e-learning dapat dipakai sebagai salah satu alternatif dalam proses pembelajaran. Hendra (2013) dalam jurnalnya yang berjudul “Rancang Bangunan Aplikasi Pembelajaran Iqra Berbasi Android” mengungkapkan bahwa aplikasi pembelajaran adalah media yang dapat digunakan untuk menyampaikan isi materi yang melibatkan perangkat bergerak seperti ponsel berbasis android. Iqra adalah salah satu metode yang dgunakan untuk belajar membaca Alquran.Iqra android adalah aplikasi yang dibuat sebagai dasar membaca Alquran yang interaktif dan komunikatif

Full Text:

PDF

References


Asbon Hendra, (2012), “Pengantar Sistem Informasi”, Yogyakarta, Andi.

Niknejad, A. (2011). A Quality Evaluation of an Android Smartphone Aplication.Gothenburg: Department of Applied Information Technology University of Gothenburg.

Aso Sudirjo, Arni, R. M., & Wahyu, N. 2015. Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid, Wakaf dan Makhorijul Huruf Berbasis Android. Journal Sisfotek Global, ISSN: 2088-172, Vol 5, No. 2.

Rudianto. 2013. Pembuatan Aplikasi Iqro‟ dan Juz „Amma Berbasis Android. Naskah Publikasi.

Muhammad Sobri. & Leon, A, A. 2013. Aplikasi Belajar Membaca Iqro‟ Berbasis Mobile. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Prahasta Eddy, 2009, Sistem Informasi Geografis : Konsep-Konsep Dasar Perspektif Geodesi & Geomatika), Informatika Bandung

Shu, Hanjie,2010, City Guide over Android,TDT4520 Specialization Project, Department of Computer and Information Science, IDI, Norwegian University of Science and Technology

Tata Sutabri, (2012). “Analisa Sistem Informasi”, Yogyakarta, Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v19i2.17890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri




Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php