Aplikasi Android untuk Tanda Tangan Digital (Studi Kasus di Jurusan Teknik Informatika, UIN Suska Riau)

Muhammad Fikry, Yusra Yusra

Abstract


Sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19, seminar kerja praktek dan tugas akhir di Jurusan Teknik Informatika, UIN Suska Riau dilaksanakan secara daring menggunakan Google Meet atau Zoom. Penandatanganan dokumen seminar tidak lagi dilakukan di atas kertas, beralih ke digital berupa file PDF. Untuk memastikan keaslian tanda tangannya, dosen menggunakan tanda tangan digital berbasis sertifikat. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan dua permasalahan. Permasalahan pertama adalah dosen tidak dapat menggunakan smartphone-nya untuk menandatangani secara digital berbasis sertifikat. Permasalahan kedua adalah tidak tersentralisasinya daftar tanda tangan yang dipercaya. Dalam penelitian ini, dilakukan rancang bangun aplikasi bergerak untuk membuat visible signature pada file PDF dengan menggunakan tanda tangan digital berbasis sertifikat. Tanda tangan pada file PDF dapat didaftarkan sebagai tanda tangan yang dipercaya, baik di perangkat itu sendiri maupun tersentralisasi. Hasil pengujian blackbox memperlihatkan bahwa aplikasi yang dibangun telah sesuai dengan hasil analisa dan perancangan. Berdasarkan User Acceptance Test, aplikasi yang dibangun telah memenuhi tujuan rancang bangunnya.


Full Text:

PDF

References


Adobe Systems Incorporated, PDF Reference, version 1.7, 6th ed. 2006.

W. Ford and M. S. Baum, Secure Electronic Commerce: Building the Infrastructure for Digital Signatures and Encryption, 1st ed. Prentice Hall PTR, 2000.

H. R. P. Leba and M. A. I. Pakereng, “Perancangan dan Implementasi Digital Signature pada Dokumen PDF dengan Algoritma Vigenere,” Universitas Kristen Satya Wacana, 2016.

A. S. Sukarno, “Pengembangan Aplikasi Pengamanan Dokumen Digital Memanfaatkan Algoritma Advance Encryption Standard, RSA Digital Signature dan Invisible Watermarking,” in Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 2013, pp. 1–8.

Sugiyatno and P. D. Atika, “Digital Signature dengan Algoritma SHA-1 dan RSA Sebagai Autentikasi,” J. Cendikia, vol. 16, no. 2, pp. 74–83, 2018.

P. Muhtadin, “Implementasi Digital Signature dalam Validasi Online Local E-Government Menggunakan Algoritme RSA dan MD5 Prasta Muhtadin,” Institut Pertanian Bogor, 2017.

I. G. Firmansyah and R. B. Hadiprakoso, “Rancang Bangun Aplikasi PDF Signer Berbasis Android pada PDAM Kabupaten Tuban,” J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 7, no. 2, pp. 57–61, 2021.

H. Karullah and H. Putra, “Implementasi Tanda Tangan Elektronik pada Sistem Pembelian Waralaba Berbasis Mobile Android,” J. Ilm. Komputasi, vol. 20, no. 1, pp. 117–128, 2021.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, “Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020,” 2020.

App Annie, “State of Mobile,” 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v19i2.17275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri




Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php