Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Pendekatan Analisis SWOT Dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) (Studi Kasus : Restoran Kimochi Eatery Gresik)

Arif Rubihanto, Elly Ismiyah, Moh. Jufriyanto

Abstract


Restoran Kimochi Eatery Gresik adalah sebuah usaha kuliner yang memilliki konsep makanan jepang. Permasalahan yang dihadapi saat ini terdapat pesaing yang ada di sekitar kota gresik serta bagaimana cara lain untuk meningkatkan omzet penjualan. Hasil matrik IE pada resto masuk kategori kuadran V yaitu Hold maintain berarti konsentrasi melalui integrasi horisontal. Strategi matriks QSPM prioritas pertama dengan sum total attractiveness score (STAS) 7,7 memperhatikan kualitas pelayanan kepada customer dan memperbaiki fasilitas yang ada agar menarik, prioritas kedua dengan total skor STAS 7,68 yakni memperbaiki pengelolaan usaha lebih baik lagi dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, tiktok  sebagai   media   promosi, prioritas ketiga dengan total STAS 7,19 yakni menambah relasi dengan pihak luar seperti mengikuti event yang diadakan oleh pemerintah daerah guna meningkatkan pendapatan dan kinerja usaha, prioritas keempat dengan total skor 7,09 yakni meningkatkan kualitas  SDM dengan melakukan pelatihan pemasaran dan meningkatkan   promosi, prioritas kelima dengan total skor STAS 7,07 yakni Ikut serta kegiatan UKM yang diadakan oleh pemerintah daerah untuk memperkenalkan cita rasa dari produk dengan menu yang bervariasi, prioritas keenam dengan total skor STAS 7,04 yakni mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk memenuhi target permintaan, prioritas ketujuh dengan total skor STAS 6,97 yakni menjaga kualitas baik dari segi produk maupun pelayanan

Full Text:

PDF

References


A. Aprilius, M. Pono, and A. . R. Munir, “Strategi Pengembangan Usaha Restoran Menggunakan Analisis SWOT Dan QSPM (Quantitatif Strategic Planning) Di Restoran La Pizza Makassar,” J. ILMU Ekon. Sos., vol. 43, no. 3, pp. 1213–1217, 2018.

C. Amelinda and S. Charly, “Perumusan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode QSPM Pada Bisnis Sambal Noesantara,” PERFORMA J. Manaj. dan Start-Up Bisnis, vol. 2, no. April, 2017.

Diskopukm, “Jumlah UMKM di Provinsi Jawa Timur Menurut Sektor dan Kabupaten/Kota,” Diskopukm.Jatimprov.Go.Id, pp. 43–46, 2016.

H. M. Ritonga, M. Fikri, N. Siregar, R. R. Agustin, and R. Hidayat, Manajemen pemasaran. 2018.

R. Fitriani, … N. N.-S. J. S., and undefined 2020, “Strategi Pengembangan Sektor Industri Alas Kaki Berbahan Kulit dengan Metode Analisis SWOT dan Bisnis Model Canvas,” ejournal.uin-suska.ac.id, vol. 18, no. 1, pp. 34–42, 2020, Accessed: Aug. 25, 2021. [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/11753.

M. Rizki et al., “Determining Marketing Strategy At LPP TVRI Riau Using SWOT Analysis Method,” yrpipku.com, vol. 3, no. 1, pp. 10–18, Accessed: May 30, 2022. [Online]. Available: https://yrpipku.com/journal/index.php/jaets/article/view/276.

D. Diniaty, A. A.-S. J. Sains, undefined Teknologi, and undefined 2014, “Perancangan strategi pemasaran pada produk anyaman pandan,” ejournal.uin-suska.ac.id, Accessed: Jun. 11, 2022. [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/745.

A. S. Soegoto and H. Karamoy, “Competitive Strategy Analysis to Increase Consumer Purchasing Decisions on Minimarket Business,” Etikonomi, vol. 19, no. 1, pp. 119–130, 2020, doi: 10.15408/etk.v19i1.14337.

E. Permata et al., “Analisa Strategi Pemasaran Dengan Metode BCG (Boston Consulting Group) dan Swot,” ejournal.uin-suska.ac.id, vol. 17, no. 2, pp. 92–100, 2020, Accessed: Aug. 25, 2021. [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/12329.

A. Qanita, “Analisis Strategi Dengan Metode Swot Dan Qspm (Quantitative Strategic Planning Matrix): Studi Kasus Pada D’Gruz Caffe Di Kecamatan Bluto Sumenep,” Komitmen J. Ilm. Manaj., vol. 1, no. 2, pp. 11–24, 2020, doi: 10.15575/jim.v1i2.10309.

J. N. Munandar, A. L. Tumbel, and A. S. Soegoto, “Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Bisnis Kopi Saat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Kopi Luwak White Koffie),” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 8, no. 4, pp. 1191–1202, 2020.

S. Adi and F. Yuamita, “Analisis Ergonomi Dalam Penggunaan Mesin Penggilingan Pupuk Menggunakan Metode Quick Exposure Checklist Pada PT. Putra Manunggal Sakti,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, pp. 22–34, 2022, doi: https://doi.org/10.55826/tmit.v1iI.7.

M. J.-S. J. Sains, T. dan Industri, and undefined 2021, “Analisis Strategi Pemasaran Pada Kerajinan Kerudung UD. Arryna Raya Pada Masa Pandemic Covid-19,” ejournal.uin-suska.ac.id, vol. 18, no. 02, pp. 228–237, 2021, Accessed: Jun. 11, 2022. [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/12782.

A. Qanita, “Analisis Layanan Belanja Kriing Pasar Tradisional Sumenep Di Tengah Pandemi Covid-19 Dengan Metode Swot Dan Qspm,” Airlangga J. Innov. Manag., vol. 1, no. 2, p. 160, 2020, doi: 10.20473/ajim.v1i2.21259.

N. Atikah, Najma. Moelino, “Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan QSPM (Studi Kasus :Restoran Ramen Aboy),” Manaj. dan Bisnis, vol. 6, no. 1, pp. 88–99, 2021.

N. S. Achmadi, D. Andriani, and M. A. Sudirman, “Strategi Pengelolaan Akomodasi Berbasis Ekotourisme Di Tanjung Bayang Makassar Menggunakan Matrik Swot Dan Qspm,” J. FAME J. Food Beverage, Prod. Serv. Accomod. Ind. Entertain. Serv., vol. 3, no. 2, 2020, doi: 10.30813/fame.v3i2.2483.

H. Setyorini, M. Effendi, and I. Santoso, “Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM (Case Study: WS Restaurant Soekarno Hatta Malang),” Ind. J. Teknol. dan Manaj. Agroindustri, vol. 5, no. 1, pp. 46–53, 2016, doi: 10.21776/ub.industria.2016.005.01.6.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v19i2.17102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri




Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php