Perancangan Bisnis Model Barbershop Berkelanjutan (Studi Kasus Unick Barbershop Yogyakarta)
Abstract
Berkembangnya barbershop membuat persaingan bisnis ini menjadi semakin ketat, bahkan di Kota Yogyakarta semakin banyak bermunculan barbershop. Tujuan utama dalam penelitian ini untuk menciptakan perancangan model bisnis berkelanjutan dalam mengembangkan bisnis usaha barbershop dengan menggunakan metode SWOT, dan BMC (Business Model Canvas). Penelitian ini difokuskan untuk perancangan model bisnis baru dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC) sembilan blok, yaitu: (1) Customer Segmentations, (2) Value Propositions, (3) Channels, (4) Customer relationship, (5) Revenue Streams, (6) Key Resources, (7) Key Activities, (8) Key Partnerships, dan (9) Cost Structure. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model bisnis yang selama ini dilakukan dalam usaha Unick Barbershop Yogyakarta ditemukan kelemahan beberapa elemen BMC, oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan pada 4 elemen yaitu; Blok Key Activities, Blok Value Propositions, Blok Customer Segmentations, dan Blok Key Resources
Full Text:
PDFReferences
Anna, L. K., 2017. https://lifestyle.kompas.com/read/2017/07/13/083300320/penghasilan-menjanjikan-dari-bisnis-barbershop.
Hamzah, H., 2018. https://www.investasiuntung.com/2018/04/cara-memulai-usaha-pangkas-rambut.html.
Herlina, V., 2016. Pengertian Business Model dan Penjabarannya. Business Lounge Journal – General Management, 10 Febryary.
Kajanus, M. et al., 2019. What can we learn from business models in the European forest sector: Exploring the key elements of new business model designs. Forest Policy and Economics, Volume Vol. 99, pp. 146-156.
Karda, P. A., Suyadnya, . I. M. A. & Khrisne, D. C., 2018. Rancang Bangun Aplikasi Augmented Realitysebagai Media Promosi Model Tatanan Rambutpada Barbershop Berbasis Android. Sintech Journal, April, Volume Vol,1 No,1, pp. 16-23.
Madja, T. K., Tumbuan, W. J. & Pandowo, M., 2017. Analisa Persepsi Kualitas Dan Persepsi Nilai Menggunakal Analisa Ipa Pada Barbershop Vonnette Di Manado. Jurnal EMBA, Juni, Volume Vol.5No.2, pp. 2508-2515.
Osterwalder, A. & Pigneur, Y., 2010. Business Model Generation. s.l.:Patrick van der Pijl.
Rangkuty, F., 1997. Analisis swot teknik membedah kasus bisnis. Jakarta(Jakarta Pusat): PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rezaee, Z., Dou, H. & Zhang, H., 2019. Corporate Social Responsibility and Earnings Quality: Evidence from China. Global Finance Journal, 4 May.pp. 1-61.
Rianti, E., 2019. https://lifestyle.bisnis.com/read/20190124/220/881907/tren-gaya-rambut-pria-2019-bakal-lebih-modern
Setyanta, B., 2017. Anteseden dan Konsekuensi dari Kepuasan Pelanggan: Survei Kepuasan Pelanggan Barbershop di Yogyakarta. Al Tijarah, Juni, Volume Vol. 3, No. 1,, pp. 30-44.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v18i1.11550
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Sains dan Teknologi Industri
Editorial Address: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU Kampus Raja Ali Haji Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293 Email: sitekin@uin-suska.ac.id © 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939 |
SITEKIN Journal Indexing:
Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php