Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Website menggunakan Framework Laravel

Moch Zawaruddin Abdullah, Mungki Astiningrum, Yuri Ariyanto, Dwi Puspitasari, Atiqah Nurul Asri

Abstract


Perjalanan UKM di Indonesia, tak terkecuali kelompok UKM Ron Tuwuh dan Prohandji tidak semudah yang dibayangkan. Salah satu kendala yang dihadapi adalah pengelolaan keuangan untuk bisnis. Pada setiap bisnis yang dilakukan memerlukan menejemen keuangan agar roda kehidupan bisnis dapat berjalan dengan baik. Fakta dilapangan, pegiat UKM masih mempunyai kesulitan dalam proses pencatatan keuangan baik dari pemasukan dan pengeluaran. Sebagian besar UKM tidak memperhatikan transaksi keluar-masuk keuangan dan tanpa perhitungan atau pencatatan yang jelas, sehingga menimbulkan ketidakstbilan keuangan yang ada pada usaha. Dari kendala keuangan yang terjadi pada pelaku usaha UKM dan minimnya pengetahuan akan keuangan. Maka penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi akuntansi berbasis website untuk UKM khususnya pada kelompok UKM Ron Tuwuh dan Prohandji. Sistem informasi ini dikembangkan menggunakan framework Laravel untuk memenuhi kebutuhan standar pengelolaan informasi keuangan sehingga pencatatan keuangan tersistem dengan baik dan meminimalisir resiko tak terkontrolnya data keuangan.

Full Text:

PDF

References


I. D. K. R. Ardiana and I. A. Brahmayanti, “Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya,” J. Manaj. dan Wirausaha, vol. 12, no. 1, pp. 42–55, 2010.

Setiyawan, “UPAYA PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) DENGAN MEMANFAATKAN E-COMMERCE,” J. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 159–168, 2010.

P. Paramita Hapsari, A. Hakim, and S. Soeaidy, “Pengaruh Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah (Studi di Pemerintah Kota Batu),” Wacana, vol. 17, no. 2, pp. 88–96, 2014.

R. Nugrahwati, “Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Web Pada PT. Pita Trans Line,” UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) ALAUDDIN MAKASSAR, 2016.

I. R. A. Putra and M. Megawati, “Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Web (Studi Kasus: PT. KALBER REKSA ABADI),” J. Sains dan Teknol. Ind., vol. 15, no. 2, p. 98, 2018.

F. Ramadhansyah, N. Rofiah, Hidayati, and S. Nita, “Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Dekstop Pada Cv. Griya Anugerah Abadi Dolopo Madiun,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 0, no. 0, pp. 359–365, 2018.

T. Bin Tahir, M. Rais, and M. Apriyadi HS, “Aplikasi Point OF Sales Menggunakan Framework Laravel,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 2, no. 2, pp. 55–59, 2019.

C. R. Niswonger and et All, Prinsip-prinsip Akuntansi, 1st ed. Jakarta: Erlangga, 1999.

N. P. H. V. SUGIYANTI, E. M. DHARMA, and N. M. ESTIYANTI, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Dan Penerimaan Kas Berbasis Web Pada Cv Bali Shanti,” J. Process., vol. 14, no. 1, p. 43, 2019.

F. Luthfi, “Penggunaan Framework Laravel Dalam Rancang Bangun Modul Back-End Artikel Website Bisnisbisnis.ID,” JISKA (Jurnal Inform. Sunan Kalijaga), vol. 2, no. 1, p. 34, 2017.

William E Lewis, Software Testing and Continuous Quality Improvement, 3rd Edition. Auerbach Publications, 2017.

M. Tuteja and G. Dubey, “A Research Study on importance of Testing and Quality Assurance in Software Development Life Cycle (SDLC) Models,” Int. J. Soft Comput. Eng., vol. 2, no. 3, pp. 251–257, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v18i1.11313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Sains dan Teknologi Industri




Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php