Implementasi Intrusion Detection System Pada Local Area Network (Studi Kasus : Yayasan Pendidikan Tanah Tingal Tangerang)

Nanang Nuryadi, Elia Christine Nainggolan

Abstract


             Jaringan internet saat ini sudah menjadi kebutuhan yang sangat umum, menyadari pentingnya peran dan penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari, internet saat ini tidak hanya menjadi media penyambung untuk berkomunikasi atau bertukar informasi, tapi juga menjadi media pertukaran data serta penyimpanan data yang bersifat sangat pribadi bagi individu atau rahasia bagi suatu perusahaan maupun lembaga, termasuk lembaga pendidikan di Yayasan Pendidikan Tanah Tingal. Seluruh data sekolah yang mencakup data pribadi siswa, maupun data pribadi lembaga pendidikan tersebut merupakan data yang harus tetap dijaga kerahasiaannya. Semakin canggih dan berkembangnya internet masa kini, semakin cerdas para peretas (cracker atau hacker) mempelajari celah pada jaringan internet untuk mencuri data yang nantinya bisa berakibat fatal dan merugikan. Oleh karena itu dengan mengimplementasikan IDS (Intrusion Detection System) menggunakan fitur Filtering Firewall mikrotik pada jaringan internet merupakan hal yang tepat untuk mencegah serangan masuk dengan cara mencegah dan mendeteksi jika adanya serangan-serangan jahat di dunia internet yang dapat menyerang dan merusak sistem jaringan internet. Selain untuk mencegah dan mendeteksi, konfigurasi IDS pada Filtering Firewall Mikrotik juga dapat melakukan monitoring traffic jaringan internet masuk. Hasil pengujian implementasi dari fitur Filtering Firewall IDS membuktikan bahwa IDS dapat mencegah dan mendeteksi adanya serangan yang masuk pada sistem jaringan LAN Yayasan Pendidikan Tanah Tingal sehingga pencegahan intrusion pun dapat dilakukan.

 

Kata Kunci:  Intrusion Detection System, Filtering Firewall, Ping Flood


Full Text:

PDF

References


M. Akbar, “Perancangan Software Ids Snort Untuk Pendeteksian Serangan Interruption (Netcut) Pada Jaringan Wireless,” 2018.

Afirizial; Fitriani;, “Penerapan IPV4 dan IPV6 pada Jaringan yang Terhubung,” vol. 3, no. 1, pp. 2–6, 2019.

Sutarti, P. Pancaro, Adi, and I. Saputra, Fembi, “Implementasi IDS (Intrusion Detection System) Pada Sistem Keamanan Jaringan SMAN 1 Cikeusal,” J. PROSISKO, vol. 5, no. 1, 2018, [Online]. Available; http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/download/584/592.

E. Varianto And Mohammad Badrul, “Implementasi Virtual Private Network Dan Proxy Server Menggunakan Clear Os Pada Pt.Valdo International,” J. Tek. Komput. Amik Bsi, vol. 1, no. 1, pp. 55–56, 2015.

R. Arfiansyah, “Analisa Dan Implementasi Virtual Private,” 2017.

C. Kurnadi, “Rancangan dan Implementasi Jaringan Wireless Privat Pada Network Rs. Abdi Waluyo,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

M. Raharjo, “Bab ii landasan teori Perancangan Performansi QoS Dengan Metode VRRP Pada PT. Pelita Cengkareng Paper Tangerang,” pp. 8–39, 2016.

D. S. H. Panjaitan, “Filtering Content Dengan Metode String Menggunakan Router Mikrotik Pada Pt.Bebentara Perkasa Indonesia Jakarta,” 2019.

C. A. Pamungkas, “Manajemen bandwith menggunakan mikrotik routerboard di politeknik indonusa surakarta,” Inf. Politek

Media Notifikasi,” no. May, 2017.

C. Iswahyudi, “Implementasi Intrussion Detection System ( IDS ) Dengan Menggunakan Jejaring Sosial Sebagai Media Notifikasi,” no. May, 2017.

I. A. Sobari, “Rancangan Wireless Intrusion Detection System Menggunakan Snort,” vol. XII, no. 1, pp. 1–9, 2015.

Panggabean Parningotan, “Analisis Network Security Snort Menggunakan Metode Intrusion Detection System (Ids) Untuk Optimasi Keamanan Jaringan Komputer” vol. VI, no. 1, Mei 2018.

Gondohanindijo Jutono, “Sistem Untuk Mendeteksi Adanya Penyusup (IDS : Intrusion Detection System) vol. XII, 2015”

Santoso Joko Dwi, “Keamanan Jaringan Nirkabel Menggunakan Wireless Intrusion Detection System” vol. I, no.3.

D. Susianto, “Jurnal Manajemen Bandwidth Menggunakan Router Board Mikrotik,” J. Cendikia, vol. 12, no. 1, pp. 1–7, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v19i1.11098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nanang Nuryadi & Elia Christine Nainggolan




Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php