Hubungan Iklan Politik di Televisi terhadap Minat Memilih Masyarakat dalam Pemilihan Umum Presiden 2014 di Desa Simalinyang RT 30 RW 12 Kabupaten Kampar

Darmawati Darmawati

Abstract


Berbagai iklan politik yang begitu banyak disiarkan pada stasiun televisi yang nantinya berguna sebagai media memperjelas apa saja visi dan misi kandidat yang akan dipilih sehingga mempengaruhi minat masyarakat dalam memilih Pemilihan umum presiden 2014 di desa simalinyang rt 30 rw 12 kabupaten kampar, dan hampir setiap hari iklan politik di tayangkan dengan frekuensi yang tinggi dan dengan berbagai jenis yang memenuhi ruang publik. Berdasarkan pembatasan masalah di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan, 1. Bagaimana hubungan iklan politik televisi terhadap minat memilih masyarakat dalam pemilu pilpres 2014 di RT 30 RW 12 Desa Simalinyang, 2. Bagaimana minat masyarakat di RT 30 RW 12 Desa Simalinyang dalam memilih iklan politik baik melalui stasiun televisi milik pemerintah maupun swasta.  Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, populasi penelitian sampel yang dikumpulkan secara  stratified random sampling dengan jumlah  152 orang.  Hasil penelitian ada hubungan yang sedang antara Variabel Iklan Politik dengan Variabel minat memilih berdasarkan kriteria product moment. Nilai korelasi sebesar 0,602 menunjukkan bahwa ada hubungan antara minat iklan dengan memilih dengan tingkat sedang.


Keywords


Hubungan iklan politik; Televisi; Minat memilih masyarakat

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jdr.v26i3.1268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




   




Editorial Office:

2nd Floor, Building of Faculty of Da'wah and Communication, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email : jurnalrisalah@uin-suska.ac.id