Peran Modal Psikologis sebagai Mediator untuk Kepercayaan Organisasi dan Keterikatan Karyawan pada Industri Media Televisi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dari modal psikologis sebagai mediator pada hubungan antara kepercayaan organisasi dengan keterikatan karyawan. Selain melihat peran modal psikologis sebagai mediator, peneliti juga menguji hubungan diantara ketiga variabel yang digunakan. Responden pada penelitian ini adalah 167 orang karyawan yang bekerja di industri media televisi, memiliki pengalaman kerja minimal satu tahun dan merupakan pegawai tetap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan organisasi memiliki hubungan positif dengan modal psikologis (r=0.382, p<0.01). Selanjutnya, modal psikologis memiliki hubungan yang positif dengan keterikatan karyawan (r=0.506, p<0.01). Pada penelitian ini, diketahui pula bahwa kepercayaan karyawan pada organisasi memiliki hubungan dengan keterikatan karyawan (r=0.692, p<0.01). Hasil analisis menggunakan Process Hayes menunjukkan bahwa modal psikologis memiliki peran dalam memediasi hubungan antara kepercayaan organisasi dengan keterikatan karyawan pada industri media televisi. Peran modal psikologis dalam model penelitian ini adalah sebagai partially mediation, artinya modal psikologis tidak secara penuh memediasi hubungan antara kepercayaan organisasi dengan keterikatan karyawan.
Kata Kunci : kepercayaan organisasi, modal psikologis, keterikatan karyawan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v14i2.5753
Refbacks
- There are currently no refbacks.
REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.
E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi
Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.