Peranan Komitmen Dan Komunikasi Interpersonal Dalam Meningkatkan Kepuasan Pernikahan pada Suami yang Memiliki Istri Bekerja

Sofa Raihana Harahap, Yuliana Intan Lestari

Abstract


Kepuasan pernikahan menjadi salah satu faktor terpenting untuk mencapai keluarga yang bahagia. Fenomena saat ini, banyak suami yang merasakan ketidakpuasan dengan pernikahannya karena memiliki istri bekerja. Hal ini akan memicu terjadinya masalah dalam pernikahan. Untuk itu diperlukan adanya komitmen dan komunikasi interpersonal agar tercapainya kepuasan pernikahan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan komitmen dan komunikasi interpersonal dengan kepuasan pernikahan pada suami yang memiliki istri bekerja.Subjek penelitian sebanyak 110 subjek, menggunakan teknik Total Sampling.Pengumpulan data mengunakan Skala komitmen, Skala komunikasi interpersonal dan Skala kepuasan pernikahan. Analisis data mengunakan teknik Regresi Bergandadengan bantuan program SPSS 22.0 for windows. Hasil analisis regresi ganda diperoleh hasil signifikansi sebesar 0,000 (p<0,01) dengan  nilai F sebesar 15,284 artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu terdapat hubungan antara komitmen dan komunikasi interpersonal dengan kepuasan pernikahan pada suami yang memiliki istri bekerja. Adanya komitmen dan komunikasi interpersonal dalam pernikahan akan menciptakan kepuasan pernikahan. Dimana komitmen pasangan ditunjukkan dengan suami setia dengan janji pernikahan yang diucapkan, tidak akan meninggalkan pasangan sampai maut memisahkan dan komunikasi interpersonal ditunjukkan dengan mampu menerima kekurangan, saling terbuka, rela berkorban untuk pasangan.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v14i2.5603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi

 

 

Lisensi Creative Commons


Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.