Persepsi Terhadap Dukungan Orangtua dan Kesulitan Pengambilan Keputusan Karir Pada Remaja

Esty Fitra Islamadina, Alma Yulianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti secara empirik hubungan antara persepsi terhadap dukungan orangtua dengan kesulitan pengambilan keputusan karir pada remaja. Penelitian ini melibatkan 261 sampel yang ditentukan melalui teknik mixed sampling yaitu perpaduan random dan non-random, random sederhana untuk kategori random dan purposive sampling untuk kategori non-random. Data penelitian dikumpulkan melalui skala Perception of Parents Scale (POPS-Robbins, 1994) dan skala Career Decision-making Difficulties Questionaire (CDDQ-Gati, 1996). Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan negatif dan signifikan antara persepsi terhadap dukungan orangtua dan kesulitan pengambilan keputusan karir pada remaja. Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan adanya hubungan negatif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap dukungan orangtua dan pengambilan keputusan karir pada remaja dengan korelasi sebesar r = -0,220 dan signifikansi p = 0,000. Artinya, semakin positif persepsi remaja terhadap dukungan orangtua maka semakin rendah kesulitan yang dirasakan oleh remaja dalam mengambil keputusan karir. Kata kunci: persepsi terhadap dukungan orangtua, kesulitan pengambilan keputusan karir, remaja

References


Anoraga, Panji. (2001). Psikologi Kerja.

Jakarta: Rineka Cipta

Atkinson, R.L., Atkinson, R.C., Hilgard, E.R.

(1999). Pengantar Psikologi: Jilid 1.

Jakarta: Erlangga.

Creed, P., Patton, W., Prideaux, L.A. (2006).

Antecedents and Concequences of

Career Decisional States in

Adolescence. Journal Vocational

Behavior 2006, Vol. 67, No. 3, 397-

Cutrona, C.E., Cole, V., Colangelo, N.,

Assouline, S.G., Russel, D.W. (1994).

Perceived Parental Social Support

and Academic Achievement: An

Attachment Theory Perspective.

Journal of Personality and Social

Psychology 1994, Vol. 66, No. 2, 369-

Gati, I., Krausz, M., & Osipow, S. H. (1996).

A taxonomy of difficulties in career

decision making. Journal Of

Counseling Psychology, 43(4), 510-

doi:10.1037/0022-0167.43.4.510.

Gati, I., & Saka, N. (2001). High school

students’ career-related decision-

making difficulties. Journal of

Counseling and Development, 79(3),

-340.

Gieed, J.N., Blumenthal, J., Jeffries, N.O.,

Castellanos, F.X., Liu,H., Zi

jdenbos, A., Paus, T., Evns, A.C.,

Rapoport, J.L. (1999). Brain

Development During Childhood and

Adolescence: A Longitudinal MRI

Study. Journal Nature Neuroscience,

Vol. 2, No. 10 861-869.

Grolnick, Wendy S., Ryan, Richard M., &

Deci, Edward L. (1991). Inner

Resources for School Achievement:

Motivational Mediators of children’s

perceptions of Their Parents. Journal

of Educational Psychology, Vol. 83,

No. 4, 508-517.

Hayadin (2007). Pengambilan Keputusan

untuk Profesi pada Siswa Jenjang

Pendidikan Menengah (Survei pada

SMA, MA, dan SMK di DKI Jakarta).

[Online]. Tersedia: http//www.masa-

depanku.net (24 April 2015)

Hurlock, E. B. (1989). Psikologi

Perkembangan Suatu Pendekatan

Sepanjang Rentang Kehidupan.

Jakarta: Erlangga.

Keller, B. K. (2004). Parental behaviours that

influence adolescents‘ career

development. University of

Washington, U.S.A

Kumar, Ranjit. (1999). Research

Methodology: A Step by Step Guides

For Beginners. Sage Publications:

London, Thousand Oaks, New Delhi.

Lewis, C. C. (1981). How adolescents

approach decisions: Changes over

grades seven to twelve and policy

implications. Child Development , 52,

-544.

Monks, F.J & Knoers, A.M.P. (2006). Psikologi

Perkembangan Pengantar Dalam

Berbagai Bagiannya. Yogyakarta:

Gadjah Mada University Press.

Muhajirin, Muhammad. (2014). Efektivitas

Konseling Karir Trait and Factor

untuk Mereduksi Kesulitan Membuat

Keputusan Karir Peserta Didik.

Skripsi. Universitas Pendidikan

Indonesia

Naz, Arab., Saeed, Gohar., Khan, Waseem.,

Khan, Nasim., Sheikh, ’Irum., and

Khan, Nasar. (2014). Peer and

Friends and Career Decision Making:

Journal of Scientific Research 22 (8):

-1197.

Osipow, Samuel. (1983). Theories of Career

Development. USA: Prentice-Hall.

Rachmaniar, Ananda. (2012). Program

Bimbingan Karir untuk Meningkatkan

Kemampuan Pembuatan Keputusan

Karir: Penelitian Pra Eksperimen

terhadap Peserta Didik Kelas XI SMA

Negeri 19 Bandung Tahun Ajaran

/2012. Skripsi. Universitas

Pendidikan Indonesia.

Robbins, R. J. (1994). An Assessment

of Perceptions of Parental

Autonomy Support and Control:

Child and Parent Correlates.

Unpublished Doctoral Dissertation,

Department of Psychology,

University of Rochester, 1994.

Robbins, S.P. (2002). Prnsip-prinsip Perilaku

Organisasi (Edisi kelima). Jakarta:

Erlangga.

Santrock, John. W. (2007). Remaja (Edisi 11

Jilid I). Jakarta: Erlangga.

Santrock, John. W. (2007). Remaja (Edisi 11

Jilid II). Jakarta: Erlangga.

Sanz de Acedo Lizarraga, M.L., Sanz de

Acedo Baquedano, M.T., Caedelle-

Elawar, Maria. (2007).Factors that

Affect Decision Making: Gender and

Age Differences. International

Journal of Psychology and

Psychological Therapy 2007, 7, 3,

-391.

Sawitri, Dian. R. (2009). Pengaruh Status

Identitas Dan Efikasi Diri Keputusan

Karir Terhadap Keraguan

Pengambilan Keptusan Karir Pada

Mahasiswa Tahun Pertama di

Universitas Diponegoro. Jurnal

Psikologi Undip, Vol. 5, No. 2, 2009.

Smet, Bart (1994). Psikologi Kesehatan.

Jakarta: PT Gramedia Widiasarana

Indonesia

Survey Data Collection Wave 1: Baseline

result May 2012. Pacific Adolescent

Career Pathways Report.

Walgito, Bimo. (2010). Pengantar Psikologi

Umum. Yogyakarta: C.V Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v12i1.3006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi

 

 

Lisensi Creative Commons


Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.