Efektivitas Anger Management Training Untuk Menurunkan Agresivitas Pada Remaja Disruptive Behavior Disorders

Nasrizulhaidi Nasrizulhaidi, Irna Minauli, Elvi Andria

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas anger management training untuk menurunkan agresivitas pada remaja disruptive behavior disorders. Subjek penelitian dipilih melalui screening dengan skala CPRS (Conduct Problem Risk Screen) dan pengukuran agresivitas dengan skala Buss-Perry Aggression Questionnaire (BAQ). AMT (Anger Management Training) berupa psikoedukasi, yang mempelajari tentang pemahaman dasar marah, ekspresi marah dan akibatnya, mengidentifikasi diri saat marah, mengontrol pikiran marah dan menentukan tingkat kemarahan. Selanjutnya memahami anger management melalui film, relaksasi otot dan pernapasan, cara menyelesaikan konflik, cara mengontrol marah dan perencanaan dalam mengontrol marah. Adapun metode intervensi yang digunakan terdiri dari diskusi kasus, latihan individual, presentasi dan modelling perilaku. Penempatan subjek dengan random assignment dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok eksperimen berjumlah 10 orang, mendapat AMT selama 3 kali pertemuan dan setiap pertemuan memerlukan waktu 120 menit. Sementara subjek di kelompok kontrol juga berjumlah 10 orang, namun tidak mendapatkan perlakuan. Dapat disimpulkan anger management efektif untuk menurunkan agresivitas. Dalam hal ini subjek di kelompok eksperimen mengalami penurunan agresivitas setelah mendapat AMT dan subjek di kelompok kontrol mengalami peningkatan agresivitas karena tidak mendapatkan AMT. Selain itu AMT dapat pula diberikan pada individu yang memiliki kemampuan di bawah rata-rata, dengan memodifikasi program yang lebih berbentuk operasional konkrit.


Kata kunci: anger management training, agresivitas, disruptive behavior disorders


References


American Psychiatric Association. (2000). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder - 4 th Edition - text revision. USA: Arlington, VA.

American Academy of Pediatrics. (2010). Disruptive Behavior and Aggression. Diunduh dari: http://www.aap.org/en-us/search/pages/results.aspx?k=Disruptive%20Behavior%20

and%20Aggression.

Baron Robert A., & Branscombe Nyla R.(2012). Social Psychology – Thirteenth Edition. USA: Pearson Education, Inc.

Bhave, Swati. Y., & Saini, Sunil. (2009). Anger Management. New Delhi: SAGE publications India Pvt Ltd.

Demirtas, H. Andac. (2012). The Reliability and Validity of the Buss-

Perry Aggression Questionnaire (BAQ) – Turkish Version. Turkish Journal of Psychiatry.

Dobson, Keith S. (2010). Handbook of Cognitive Behavioral Therapies –Third Edition. NewYork: The Guilford Press.

Dunbar Berthenya. (2004). Anger Management: A Holistic Approach. Journal of the American Psychiatric Nurses Association, Vol. 10, No.1.

Duncombe Melissa E. et al. (2012). Psychometric Evaluation of Brief

Parent – and Teacher – Rated Screen For Children at Risk of Conduct

Disorder. Australian Journal of Educational & Developmental

Psychology, Vol 12, pp.1-11.

Fletcher, Robert J., & Poindexter, Ann R. (1996). Current Trends in Mental Health Care for Persons with Mental Retardation. Journal of Rehabilitation Jan/Feb/Mar; 62, 1; Proquest pg.23.

Greene, Ida. (2003). Anger Management For Men. San Diego: P.S.I. Publishers.

Gulbenkoglu Hrepsime., & Hagiliassis Nick. (2006). Anger Management – An Anger Management Training Package

for Individual With Disabilities. London: Jessica Kingsley Publishers.

Kellner, Millicent H., & Bry, Brena H. (1999).

The Effects of Anger Management Groups in A Day School for Emotionally Disturbed Adolescents. Adolescence, Vol.34, No.136; Proquest pg.645.

Kuwado, Fabian J. (2012). 82 Pelajar Tewas Sia-sia karena Tawuran. Di unduh: http://megapolitan.kompas.com/read/2012/12/21/10534239/82.

Pelajar.Tewas.Siasia.karena.Tawuran.

Marcus Robert F. (2007). Aggression and Violence in Adolescence. USA: Cambridge University Press.

Mash, Eric J., & Wolfe, David A. (2005). Abnormal Child Psychology – 3rd Edition. USA: Thomson Wadsworth.

Matthys, Walter., & Lochman, John E. (2010). Oppositional Defiant Disorder and Conduct Disorder in Children. UK: Jhon Wiley & Sons Ltd.

Monks, F.J., Knoers, A.M.P., & Haditono, Siti Rahayu. (1998). Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mukhtar, Desvi Y., & Hadjam, Noor R. (2006). Efektivitas Art Therapy untuk Meningkatkatkan Keterampilan Sosial Pada Anak yang Mengalami Gangguan Perilaku. PSIKOLOGIA, Volume 2, No.1, Juni: 16-24.

Myers, David G. (2010). Social Psychology – Tenth Edition.New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Provenzana, Fredric. (2004). Anger Management for Teens. National Association of School Psychologists (NASP).

Reilly, Patrick M., & Shopshire, Michael S. (2002). Anger Management – for sub-stanceabuse and mental health clients. USA: US. Department of Health and Human Services (DHHS).

Romana, Maria S. (2003). Cognitive-Behavioral Therapy Treating Individuals with Dual Diagnoses. Journal of Psychosocial Nursing &

Mental Health Services; Dec; 41, 12;Proquest pg.30.

Schroeder, Carolyn S., & Gordon, Betty N. (2002). Assessment and Treatment of Childhood Problems – 2nd Edition – A Clinician’s Guide. New York: The Guilford Press.

Shadish, William R., & Cook, Thomas D. (2002). Experimental and Quasi-Experimental Designs for Generalized Causal Inference. USA:

Houghton Mifflin Company.

Siddiqah, Laela. (2010). Pencegahan dan Penanganan Perilaku Agresif Remaja Melalui Pengelolaan Amarah (Anger Management). Jurnal Psikologi. Volume 37, No.1, Juni: 50-64.

Supratiknya, A. (2008). Merancang Program dan Modul Psikoedukasi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Taylor, et al. (2008). CBT for People with Intellectual Disabilities: Emerging Evidence, Cognitive Ability and IQ Effects. UK: Cambridge University Press.

Thomas, Sandra P. (2001). Teaching Healthy Anger Management. Perspective in Psychiatric Care Vol.37, No.2, April-June; 37,2; Proquest pg. 41.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v11i1.1390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi

 

 

Lisensi Creative Commons


Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.