MERAWAT WISATA RELIGI ISLAM Situs Islam Makam Papan Tinggi di Tengah Masyarakat Non-Muslim

Mitra Sasmita Hasibuan, Abdul Ghofur, Khairiah Khairiah

Abstract


Wisata religi makam Papan Tinggi merupakan komplek makam tua yang terdiri dari 7 perkuburan salah satunya dipercaya adalah makam seorang ulama yang bernama Syekh Mahmud Al-Muhtazam. Beliau merupakan penyiar agama Islam awal di Barus. Pada Tahun 1990, pemerintah Kabupaten menjadikan makam Papan Tinggi sebagai tempat wisata religi di Desa Pananggahan Kecamatan Barus Utara dan daerah wisata ini dihuni oleh pemukim Nonmuslim. Lokasi wisata Makam Papan Tinggi dijadikan sebagai mata pencarian bagi masyarakat sekitar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejarah makam Papan Tinggi, peran masyarakat dalam pelestarian serta manfaat makam Papan Tinggi tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif analitis. Hasil penelitian Syekh Mahmud Al- Mukhtazam merupakan saudagar Arab yang berasal dari Negeri Yaman beliau berniaga hingga sampai ke Barus sejalan dengan kemasyhuran kapur barus kala itu. Akhirnya Syekh Mahmud memutuskan untuk menetap dan tinggal di Barus. Perananan masyarakat dalam pelestarian makam Papan Tinggi yaitu secara suka rela menjadi tuan rumah yang ramah untuk menghormati para wisatawan yang datang serta menyediakan berbagai fasilitas. Manfaat makam Papan Tinggi pertama. Bagi penduduk lokal, yaitu sebagai tempat untuk membuka berbagai jenis usaha diantaranya berdagang, membuat penginapan, lahan parkir dan sebagainya. Kedua. Manfaat bagi para wisatawan, sebagai tempat suci untuk memanjatkan doa, serta tempat berziarah untuk mengingatkan kepada kematian dan kehidupan akhirat

Full Text:

PDF

References


Anggito, and Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Jejak, 2018.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2016.

Bungin, Burhan. Analisa Data Penelitian Kualitatif. Bandung: Rajawali. Pers, 2012.

Darmawansyah, Al Fadhli, Anggia Faradina, Isrina Siregar, and Budi Purnomo. “Mengungkap Kejayaan Sejarah Maritim Indonesia.” Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah FKIP Universitas Jambi 2, no. 3 (2023).

Hakim, Uky Firmansyah Rahman. “Barus Sebagai Titik Nol Islam Nusantara: Tinjauan Sejarah Dan Perkembangan Dakwah.” Jurnal Ilmiah Syi’ar 19, no. 2 (2019).

Jane, Drakard. Sejarah Raja-Raja Barus Utara Dua Nasakah Dari Barus Utara. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama-EFEO, 2003.

Maulana, Mirza, Dinas Sosial, and Kabupaten Sleman. ASSET-BASED COMMUNITY DEVELOPMENT : Strategi Pengembangan Masyarakat Di Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang. EMPOWER : Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam. Vol. 4, 2019. http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/empower.

Muchsin, Misri A. “Barus Dalam Sejarah: Kawasan Percaturan Politik, Agama Dan Ekonomi Dunia.” Jurnal Adabiya 19, no. 1 (2020).

Nasution, Harun. Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspek. Jakarta: UI Press, 1985.

Prastowo, Andi. Metode Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Rohman, Ainur. “Metode Dakwah Melalui Wisata Religi (Studi Kasus Di Majelis Ta’lim Al-Blora).” UIN Wali Sanga, 2014.

Silitonga, Samuel Saut Marihot, and I Putu Anom. “KOTA TUA BARUS SEBAGAI DAERAH TUJUAN WISATA SEJARAH DI KABUPATEN TAPANULI TENGAH.” JURNAL DESTINASI PARIWISATA 4, no. 2 (2016).

Suryabrata, Sumadi. Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali Press, 1987.

Tanjung, Fahrul. “Pengembangan Wisata Religi Islami Makam Syeikh Mahmud Fil Hadratul Maut Dalam Prespektif Komunikasi Pariwisata Di Kabupaten Tapanuli Tengah.” Universitas Muhamadiyah Sumatera Utara, 2019.

Wahid, Abdul. “Pusaka Sejarah Maritim Di Indonesia: Khasanah, Tantangan, Dan Strategi Perlindungannya.” Patrawidya 19, no. 1 (2018).

Wardhana, W. “Poros Maritim: Dalam Kerangka Sejarah Maritim Dan Ekonomi Pertahanan.” Masyarakat dan Budaya 18, no. 3 (2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/nusantara.v20i1.30864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  Nusantara; Journal for Southeast Asian Islamic Studies Indexed By:

   

Mailing Address:

Nusantara Journal for Southeast Asian Islamic Studies is published by Institute for Southeast Asian Islamic Studies (ISAIS) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Gedung Islamic Center Lt. I Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru - Riau 28293, PO. BOX 1004.