GUNCANGAN BUDAYA Perilaku Keagamaan Masyarakat pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru

Zuraini Zuraini, Kurnial Ilahi, Khatimah Khatimah

Abstract


Perilaku keagamaan adalah tingkah laku yang didasarkan atas kesadaran tentang adanya Tuhan Yang Maha Esa, semisal aktivitas keagamaan seperti, shalat, zakat, puasa dan sebagainya. Perilaku keagamaan bukan hanya terjadi ketika seseorang melakukan perilaku ritual saja, tetapi juga melakukan aktivitas yang lain yang didorong oleh kekuatan supranatural. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui perilaku sosial keagamaan masyarakat pada masa pandemi COVID-19. 2) Untuk mengetahui dampak pandemi COVID-19 terhadap kehidupan sosial masyarakat di Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pandemi covid-19 ini membuat perilaku sosial dan keagamaan masyarakat Kelurahan Tuah Karya berubah. Masyarakat yang memiliki karakteristik melaksanakan kegiatan keagamaan atau aktivitas secara bersama-sama berkumpul dan bermasyarakat harus melakukan pembatasan sosial. Dampaknya tidak sedikit masyarakat Kelurahan Tuah Karya yang mengalami shock culture yaitu kondisi ketika masyarakat mengalami kaget karena belum siap menerima perubahan, maka dengan kondisi ini masyarakat harus beradaptasi dengan lingkungan dan gaya baru dalam kehidupannya.

Full Text:

PDF

References


Ali Hasan, Hikmah Shalat da Hikmah Tuntunannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000.

Andi Pratowo, Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian, Jakarta : Ar- ruzz Media , 2011.

Anwar, Pengertian perilaku keagamaan.(online).(http://id.shvoong,com/socialsciences/counseling/2012/05/1/)

Faisal Ismail, Paradigma Kebudayaan Islam :Studi Kritis dan Refleksi Historis, Jogyakarta: Titian Ilahi Press, 1997.

Farida Rahmawati,et. Al., Detik-Detik Ujian Nasional Sosiologi untuk SMA/ Ma program IPS, Jawa Tengah: PT Intan Pariwara 2015/2016

Harun Nasution, Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya, Jakarta: UI Press, 1997, jilid I

Hendro Puspito, Sosiologi Agama, Yogyakarta: Kanisius, 1984.

Henry Guntur Turigan, Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa,Bandung: Angkasa, 1987.

Https://www.alodokter.com/1 juli 2020, Diakses pada tanggal 10 agustus 2021 pukul 22.58

Jalaludin, Psikologi Agama, Ed. Revisi Cet Ke 14, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010.

Jamaluddin Kafi, Psykologi Dakwah, Jakarta: Depag, 1993.

M. Iqbal Hasan, Pokok Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002

Mursal dan H.M.Taher, Kamus Ilmu Jiwa dan Pendidikan, Bandung: Al-ma‟arif, 1980.

Pandu Wiratama,”Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kehidupan Sosial MasyarakatIndonesia?,”https://www.Kompasiana.com/2020/5/13

Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: PT Remaja Rosda karya, 2002.

Sugiyanti. Hubungan Antara Kepedulian Keluarga Terhadap Perilaku Sosial Keagamaan Remaja, online, tersedia di: (http://eprints.perpus.iainsalatiga.ac.id/410/1/pdf).

Suwari Akhmaddihian, Anthon Fathanudien, Partisipasi Masyarakat Dalam Mewujudkan Kuningan Sebagai Kabupaten Konservasi ( Studi di Kabupaten Kuningan) Vol.2 NO. 1 Januari 2015. Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Parepare, Indonesia.

W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: PN. Balai Pustaka, 1991.

Warta Ekonomi. Apa Itu Pandemi?.”https//www.wartaekonomi .co.id/16 Maret 2020, Diakses pada tanggal 14 agustus 2021 pukul 13:18)

Www.Pshycologymania.com di akses pada tanggal 10 agustus 2021 pukul 22: 44




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/nusantara.v18i1.18455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  Nusantara; Journal for Southeast Asian Islamic Studies Indexed By:

   

Mailing Address:

Nusantara Journal for Southeast Asian Islamic Studies is published by Institute for Southeast Asian Islamic Studies (ISAIS) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Gedung Islamic Center Lt. I Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru - Riau 28293, PO. BOX 1004.