GAMBARAN KONSEP DIRI DAN ATTACHMENT IBU PADA ANAK KASUS NARKOBA
Abstract
Konsep diri adalah elemen yang memberi pengaruh terhadap tingkah laku individu, konsep diri yang positif akan mengantarkan individu kepada perilaku yang baik, begitu juga sebaliknya, konsep diri yang negatif dapat membawa individu kepada perilaku yang tidak diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran konsep diri anak dengan kasus narkoba dan bagaimana kelekatan pada ibu. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Subjek penelitian ini sebanyak lima anak dengan kasus narkoba di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri pada anak dengan kasus narkoba adalah negatif dan attachment (kelekatan) pada ibu termasuk kurang aman, artinya kualitas hubungan afeksi antara anak pada ibu kurang mendalam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustiani, H. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung: Refika Aditama.
Andayani,T.R., (2001). Perlakuan Salah Terhadap Anak (Chil Abuse) Ditinjau dari Nilai Anak dan Tingkat Pendidikan Orang Tua. Tesis. Yogyakarta: Program Studi Psikologi Pascasarjana Universitas Gadjah Mada
Baron, Robert, Donn Byrne. (2005). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga
Bee, H. (1981). The Developing Child. Third edition. New York. Harper International.
Burns, R. B. (1979). Konsep Diri. Jakarta: Arcan.
Cicchetti, D & Toth, S.L., (1995). Developmental Psychopatology and Disorder of Affect.. John Willey and Sons Inc
Creswell, John. (2009). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Herdiansyah, Haris. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Psikologi. Jakarta: Salemba Humanika.
Idrus, Muhammad. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Erlangga.
Maentiningsih, Desiani. (2008). Hubungan antara Secure Attachment dengan Motivasi Berprestasi pada Remaja. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.
Moeloeng, Lexy J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.
Oktaviani, Chiktia Irma. (2014). Konsep Diri Remaja Dari Keluarga Broken Home. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Papalia, Diane E, Ruth Duskin Feldman. (2014). Menyelami Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.
Papalia, Diane, dkk. (2008). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Pardede, Yudit Oktaria Kristiani. (2008). Konsep Diri Anak Jalanan Usia Remaja. Jurnal Psikologi Universitas Gunadarma. Vol. 1. No. 2.
Parker, J.G., Rubin, K.H., Price, J.M., DeRosier, E.M., (1995). Child Development and Adjustment : A developmental Psychology Perspective. John Willey and Sons Inc
Pattimahu, Indra Kamara. (2005). Perbedaan Konsep Diri Antara Remaja yang Sejak Masa Akhir Kanak-kanaknya Dibesarkan di Panti Asuhan dengan Remaja yang Sejak Masa Akhir Kanak-kanaknya Dibesarkan di Rumah Bersama Keluarga. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma Jakarta.
Pramana, W, (1996). The Utility of Theories of Parenting, Attachment, Stress and Stigma in Predicting Adjustment to Illness. Desertasi. Departement of Psychology the University Of Queensland.
Shavelson, Richard J., Roger Bolus. (1981). Self Concept: The Interplay of Theory and Methods. Jurnal Edukasi Psikologi Santa Monica, California. Vol. 74, No. 1.
Shofiah, Vivik, dkk. (2014). Psikologi Pendidikan. Pekanbaru: Al-Mujtahadah Press
Stewart, Charles J. William B. Cash, Jr. (2012). Interviu: Prinsip dan Praktik. Jakarta: Salemba Humanika.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarlin, Rahayu. (2009). Perilaku Konformitas pada Remaja yang Berada di Lingkungan Peminum Alkohol. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.
Sutataminingsih, Raras. (2009). Konsep Diri. Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.
Sutcliffe, J., (2002). Baby Bonding, Membentuk Ikatan Batin dengan Bayi. Jakarta: Taramedia & Restu Agung
Ulfie, Agustinus. (2013). Kearifan Lokal Budaya Ain Ni Ain Masyarakat Kei sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal untuk Memperkokoh Kohesi Sosial Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia.
Verawati, Yully. (2013). Studi Deskriptif Eksploratif Penyesuaian Diri Pada Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Ii.A Pekanbaru Riau. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Yuliza, Emmi. (2013). Pembinaan Terhadap Narapidana Anak Pelaku Tindak Pidana Pelecehan Seksual. Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Hukum Universitas Taman Siswa Padang.
Zimmerman, Barry J. (2000). Self Efficacy: An Essential Motive to Learn. Journal Contemporary Educational Psychology 25.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/marwah.v17i1.4678
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender
Editorial Office Board :
Pusat Studi Gender dan Anak LPPM UIN Sultan Syarif Kasim RiauGedung Islamic Center Lantai 1
Jl. H.R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jurnal.marwah@uin-suska.ac.id
Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International.