Pengetahuan Manajemen Guru Dalam Mengelola Kelas Di Sdit Al Kautsar Madani

Afi Parnawi

Abstract


Guru adalah sumber pengetahuan  bagi anak didiknya. Dalam konteks persoalan manajemen kelas, yang dapat dilakukan oleh guru adalah pelaksanaan mengatur pembelajaran secara baik. Penelitian ini berupaya mengungkapkan Peran Guru Dalam Pelaksanaan dan peran dalam mengatasi kendala-kendala manajemen kelas SDIT Al Kautsar Madani Kota Batam. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan wawancara, adapun yang menjadi informan ialah enam orang guru kelas. Teknik analisis data dengan tahapan: mereduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian peran guru dalam mengatur manajemen siswa dengan selalu memberi motivasi kepada siswa untuk belajar dengan baik, dan memberikan nashehat. Siswa yang berbuat tidak baik guru memberi teguran, sehingga perilaku siswa yang tidak baik tersebut tidak berkelanjutan, guru kelas di SDIT Al Kautsar Madani Kota Batam sangat berperan dalam merencanakan, mengorganisakan dll, dengan cara guru membina dan membimbing peserta didik sesuai dengan berbagai latar belakang sosial, ekonomi, budaya serta sifat-sifat individunya, membantu peserta didik belajar dan bekerja sesuai dengan potensi dan kemampuan yang dimilikinya, dan mengatasi hambatan-hambatan yang menghalangi terwujudnya interaksi dalam kegiatan belajar mengajar.

 


Keywords


Pengetahuan, Manajemen Guru, Mengelola Kelas

Full Text:

PDF

References


A.M, Sadirman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Agung, Iskandar, Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru., Jakarta: Bestari Buana Murni, 2010.

Arikunto dan Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Djamarah, Bahri Syaiful, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka cipta, 2006.

Djamarah, Syaiful Bahri, Strategi belajar mengajar / Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, pertama edition, Jakarta: Rineka cipta, 2010.

Fathurrohman, Pupuh, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Rafika Aditama, 2007.

Hadi, M. Fahli Zatra and Zubaidah Zubaidah, ‘Pemanfaatan Konseling Neuro Linguistic Programming dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Dakwah Risalah, vol. 26, no. 4, 2015, pp. 174–82.

Miftahuddin, Miftahuddin and Nofmiyati Nofmiyati, ‘NILAI NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM GURINDAM DUA BELAS KARYA RAJA ALI HAJI’, An-Nida’, vol. 40, no. 2, 2016, pp. 89–99.

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional. Bandung, Bandung: Remaja Kosdakarya, 2005.

Suparta, Munzier dan Harjani Hefni, Metode Dakwah, ke-3 edition, Jakarta: Kencana Prenada Grup, 2009.

Wiyani, Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasi untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 4753




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v9i1.8381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman
Kopertais Wilayah XII Riau - Kepri
email: madania@uin-suska.ac.id
 
 

Web Analytics

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.