PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI untuk MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Ekspositori dapat meningkatkan hasil belajar fisika pada materi suhu dan kalor Siswa X TKR ( Teknik Kendaraan Ringan ) di SMK Tunas Karya Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKR ( Teknik Kendaraan Ringan ) SMK Tunas Karya dengan jumlah 34 orang siswa yang terdiri dari 30 orang siswa laki-laki dan 4 orang siswa perempuan. Data penelitian berupa hasil belajar yang didapatkan dari tes dan aktivitas siswa yang diperoleh melalui observasi oleh observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran ekspositori berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh strategi tersebut terhadap ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 52,94 % dan meningkat menjadi 88,23 % pada siklus II. Sedangkan aktifitas siswa hanya mencapai kategori rendah dengan skor 115 pada siklus I dan meningkat menjadi 200 dengan kategori tinggi pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Ekspositori dapat meningkatkan hasil belajar fisika sekaligus aktivitas Siswa Kelas X TKR ( Teknik Kendaraan Ringan ) di SMK Tunas Karya Pekanbaru
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v8i1.5118
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman
Kopertais Wilayah XII Riau - Kepri
email: madania@uin-suska.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.