MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA dengan MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK-PAIR-SHARE
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar biologi pokok bahasan sistem peredaran darah dengan model pembelajaran tipe Think-Pair-Share pada siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 27 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dengan pembelajaran dan diakhiri dengan posttes pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I (ranah kognitif = 5,44 atau meningkat sebesar 6,50 dari nilai awal; ranah afektif = 24,315 (termasuk kategori kurang berminat)). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (ranah kognitif = 7,34 atau meningkat sebesar 0,8 dari siklus I; ranah afektif = 34,315 (termasuk kategori cukup berminat) atau meningkat dari siklus I)). Rata-rata hasil belajar pada siklus III (ranah kognitif pada siklus III = 8,47 atau meningkat sebesar 1,13 dari siklus II; ranah afektif 40,525 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 6,21 dari siklus II). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tipe TPS (Think-Pair-Share) meningkatkan hasil belajar biologi pada pokok bahasan sistem peredaran darah siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 27 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v8i1.5117
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman
Kopertais Wilayah XII Riau - Kepri
email: madania@uin-suska.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.