PENDIDIKAN ISLAM dan PEMBENTUKAN MASYARAKAT MADANI
Abstract
Upaya pembaruan pendidikan Islam tidak lagi bersifat konsumtif dalam pengertian pemuasan secara langsung atas kebutuhan dan keinginan yang bersifat sementara atau “tambal sulam” konsep saja, tetapi harus merupakan bentuk investasi “sumber daya manusia (human investment)” yang berkualitas, dengan tujuan utama: (1) pendidikan Islam harus dapat membantu peningkatkan kualitas iman yang aplikatif, pengetahuan, dan keterampilan untuk dapat bekerja lebih produktif; (2) pendidikan Islam sebagai proses pembebasan dan proses pencerdasan manusia; (3) pendidikan Islam sebagai proses untuk menjunjung tinggi hak-hak anak, mengembangkan pemahaman tentang toleransi, perbedaan etno-kultural, perbedaan dan keragaman agama, pluralitas; (4) pendidikan Islam sebagai proses pemberdayaan potensi manusia; (5) pendidikan Islam dapat menjadikan anak berwawasan integratif; (6) pendidikan Islam dapat menghasilkan manusia demokratis dan membangun watak persatuan; dan (7) pendidikan Islam dapat menghasilkan manusia cinta perdamaian dan peduli terhadap lingkungan
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v6i2.4819
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman
Kopertais Wilayah XII Riau - Kepri
email: madania@uin-suska.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.