WACANA PENDIDIKAN MULTIKULTURAL Mencari Relavansinya dalam Pendidikan Islam
Abstract
Tulisan ini dilatarbelakangi oleh adanya persoalan tentang banyaknya
konflik atas nama agama dan etnis, juga karena masyarakat Indonesia terdiri dari banyak ragam suku dan agama. Maka, pencarian bentuk pendidikan alternatif mutlak diperlukan. Yaitu suatu bentuk pendidikan yang berusaha menjaga kebudayaan suatu masyarakat dan mentransformasikan kepada generasi berikutnya, menumbuhkan akan tata nilai, memupuk persahabatan antara siswa yang beraneka ragam suku, ras, etnis dan agama, mengembangkan sikap saling memahami, serta mengerjakan keterbukaan dan dialog.
Pendidikan multicultural dalam pendidikan Islam adalah penekanan pembelajaran agama Islam yang menjungjung tinggi dan berusaha mengembangkan potensi untuk bersama melaksanakan kepentingan kemanusiaan. Karena seluruh agama selalu mengklaim demi keselamatan manusia. Di sini pendidikan agama, terutama pendidikan Islam, memiliki peran penting untuk menumbuhkan sikap awal agar bisa bekerja sama dengan agama atau keyakinan yang lain. Pendidikan agama harus memungkinkan tumbuhnya persaudaraan dalam kebersamaan menemukan tradisi ilahi yang sama pada setiap agama,
sehingga bisa bersama membangun dunia baru yang lebih bermakna bagi seluruh umat manusia
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v2i1.4690
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.